Kamar Dagang RI-Kenya Sepakati MoU Penguatan Kerja Sama Ekonomi

By Admin

nusakini.com--KADIN RI dan Kenya National Chamber of Commerce and Industry (KADIN Kenya) berhasil menyepakati Nota Kesepamahan (MoU) untuk memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara. MoU ditandatangani Ketua Komite Tetap KADIN RI untuk Kawasan Afrika, Mintardjo Halim, atas nama Ketua KADIN Rosan Roeslani dan Ketua KADIN Kenya, James N. Mureu. 

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada kegiatan Forum Bisnis Indonesia-Kenya, Nairobi akhir pekan lalu tersebut, disaksikan oleh Wamenlu Dr. A.M. Fachir. 

"Penandatanganan MoU kerja sama antara KADIN kedua negara perlu diikuti dengan upaya menerjemahkannya menjadi nilai ekonomi nyata," tegas Wamenlu Fachir usai menyaksikan penandatanganan MoU itu. 

Penandatanganan tersebut mengawali kegiatan forum bisnis yang dihadiri lebih dari 100 pelaku bisnis Indonesia, Kenya dan Uganda dari berbagai sektor, seperti farmasi, agrobisnis, teksil, penerbangan dan consumer goods. 

Perdagangan bilateral Indonesia-Kenya pada tahun 2016 tercatat senilai USD 210 juta, dengan surplus di pihak Indonesia. Investasi Indonesia di Kenya yang cukup sukses adalah PT. Indofood dengan produk unggulannya Indomie. 

Kenya adalah salah satu negara mitra perdagangan kunci dan menjadi pintu masuk Indonesia di kawasan Afrika Timur yang berpenduduk lebih dari 150 juta jiwa. (p/ab)