Kali Puri Indah akan Disulap Jadi Wisata Air

By Admin


nusakini.com - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berencana menyulap Kali di Jalan Puri Indah, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat menjadi salah satu destinasi wisata air di Ibukota.

Di kali tersebut nantinya warga bisa berwisata dengan menjelajahi kali dengan perahu dayung mini atau sepeda air hingga satu kilometer.

Kepala UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Junjungan Sihombing mengatakan, kondisi Kali Puri Indah saat ini terbilang bersih karena dilakukan perawatan rutin. Selain itu, di sekitar juga ada berbagai macam kuliner dan lahan parkir yang memadai.

"Sudah kami survei. Kali itu layak jadi tempat wisata. Warga nanti bisa menikmati wisata air dan kuliner di sana," katanya

Ia menuturkan, di kali tersebut, pihaknya juga berencana menebar benih ikan. Sehingga ke depannya pengunjung bisa menjelajahi kali sambil memberi makan ikan.

"Ini juga bertujuan untuk menjaga ekosistem," ujarnya.

Menurut Junjungan, untuk merealisasikan rencana ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta.

Ia menambahkan, selain Kali Puri Indah, tempat penampungan air lainnya yang potensial dijadikan wisata air seperti Kanal Banjir Timur (KBT), Setu Rawa Dongkal di Ciracas, Setu Mangga Bolong di Jagakarsa dan Waduk Melati di Tanah Abang.

"Kita targetkan wisata air di Kali Puri Indah paling lambat dilaunching pada pertengahan tahun ini," tandasnya.(pr/kj/al)