Kalau di Amerika Ada 911, Indonesia Kini Punya 112

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Diah Indrajati di Hotel Red Top, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/4/2016) mengatakan, program layanan nomor tunggal panggilan darurat 112 itu adalah program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo).

Menurut Diah, program tersebut hampir sama dengan call 911 di Amerika Serikat, dimana masyarakat nantinya tak akan bingung lagi jika terjadi sesuatu seperti kebakaran, rumah sakit, kepolisian dan sebagainya.

Lanjut Diah, ini yang disebut negara hadir dan menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakay itu, dengan mempermudah layanan, khususnya bagi keadaan gawat darurat. Sedangkan pemerintah daerah, menurut Diah, secepatnya memiliki kesiapan untuk sama-sama melaksanakan kebijakan.

Sebagai informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), telah melaksanakan sosialisasi tentang layanan nomor tunggal panggilan darurat 112 kepada 100 kota atau kabupaten yang dipilih, sekaligus penandatanganan nota kesepahaman tentang percepatan penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika di daerah.(if/mk)