nusakini.com--Polandia melangkah ke 8 Besar  Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Swiss via adu penalti 5-4 di Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Sabtu (25/6).

Sejak peluit dibunyikan, Polandia langsung mengambil inisiatif serangan. Swiss benar-benar tidak bisa mengembangkan permainan. Pertahanan skuat asuhan Vladimir Petkovic selalu digempur oleh Robert Lewandowski cs. Hampir sepanjang babak pertama, Swiss hanya bertahan.

Akhirnya, gol yang ditunggu oleh publik Polandia datang pada menit ke-39. Lepas dari kawalan para pemain belakang Swiss, Jakub Blaszczkykowski melakukan tendangan yang langsung membobol gawang Yann Sommer. Dia memanfaatkan umpan dari Kamil Grosicki.

Tertinggal 0-1, Swiss mengambil inisiatif serangan sejak babak kedua dimulai. Pergerakan Xherdan Shaqiri beberapa kali membuat lini pertahanan Polandia kewalahan. Namun, belum satu pun tendangannya yang bisa menjebol gawang Lukasz Fabianski.

Swiss akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat Shaqiri. Tendangan saltonya dari luar kotak penalti berhasil membobol gawang Lukasz Fabianski pada menit ke-82.

Setelah kedudukan imbang, baik Polandia maupun Swiss sangat bernafsu untuk membuat gol tambahan. Hingga babak kedua usai, skor imbang 1-1 masih bertahan dan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, kedua tim tidak bisa memanfaatkan berbagai peluang yang tercipta sehingga pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Empat dari lima penendang Swiss yakni Stephan Lichtsteiner, Xherdan Shaqiri, Fabian Schar, dan Ricardo Rodriguez berhasil melakukan eksekusi dengan baik. Hanya Granit Xhaka yang gagal melakukan tendangan penalti.

Sedangkan seluruh penendang dari Polandia, mulai dari Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik, Kamil Glik, Jakub Blaszczkykowski, dan Grzegorz Krychowiak semuanya berhasil menceploskan bola ke gawang Yann Sommer. (v/ab)

Susunan Pemain:

Swiss: Yann Sommer (GK); Ricardo Rodriguez, Johan Djourou, Fabian Schar, Stephan Lichtsteiner; Granit Xhaka, Valon Behrami (Gelson Fernandes 77'), Admir Mehmedi (Eren Derdiyok 70'), Blerim Dzemaili (Breel Embolo 58'), Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic.

Polandia: Lukasz Fabianski (GK); Michal Pazdan, Artur Jedrzejczyk, Kamil Glik, Lukasz Piszczek; Jakub Blaszczkykowski, Grzegorz Krychowiak, Krzysztof Maczynski (Tomasz Jodlowiec 101'), Kamil Grosicki (Slawomir Peszko 104'); Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski