Kalahkan Alaves, Barcelona Hampir Pasti Juara LaLiga 2018/2019

By Abdi Satria


nusakini.com-Alaves-Barcelona menekuk tuan rumah Deportivo Alaves 2-0 di Estadio de Mendizorroza dalam jornada 34 LaLiga, Rabu (24/4)  dini hari WIB. Tambahan tiga poin membuat Barca makin dekat ke gelar juara LaLiga. Andai Atletico Madrid kalah dari Valencia, Barca dipastikan jadi juara.

Sebab, dengan kondisi itu, poin maksimal Atletico adalah 80. Dan Barca saat ini sudah mengantongi 80 poin. Hanya saja, Azulgrana unggul secara head to head atas Atletico.

Menghadapi Alaves, Pelatih Barca, Ernesto Valverde, tampak sengaja menyimpan Lionel Messi di awal laga. Trio Ousmane Dembele, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho, jadi andalan sejak menit awal. Beda kelas, Barca tampil dominan dalam penguasaan bola. 

Namun, kolaborasi trio Coutinho, Dembele, dan Suarez, belum menghadirkan gol di paruh pertama. Babak kedua, Barca akhirnya memecah kebuntuan. Menit 54, Carles Alena menjebol gawang Alaves. Umpan Sergi Roberto diteruskan Alena dengan sepakan keras dari jarak dekat. Kiper Alaves, Fernando Pacheco tak kuasa membendung bola hasil sepakan Alena. 

Enam menit kemudian, Barca mendapatkan hadiah penalti. Tendangan 12 pas diberikan kepada Barca usai wasit meninjau ulang insiden terjadinya handsball di kotak terlarang yang dilakukan gelandang Alaves, Tomas Pina, lewat VAR. 

Dalam tinjauannya, wasit merasa Pina telah melakukan handsball sebelum Gerard Pique menerima bola dari sepakan bebas. 

Sempat terjadi perdebatan, karena Pique dianggap offside pula saat menerima bola dan menceploskannya ke gawang Alaves. Namun, handsball Pina lebih dulu terjadi. Hingga akhirnya, wasit memberikan hadiah penalti ke Barca. 

Luis Suarez maju sebagai algojo. Dengan tenang, dia mengarahkan bola ke sisi kiri dan memaksa Pacheco memungut bola dari jala gawang untuk kali kedua.

Unggul dua gol, Barca lebih percaya diri. Terlebih, Lionel Messi masuk di menit 61. Mereka terus mendominasi permainan dengan memainkan skema tiki-taka khasnya. (v/ab)