Kala Siswa PAUD Dilatih Bertani dan Peduli Lingkungan di RPTRA Citra Permata Rawabunga

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 20 siswa PAUD dilatih bercocok tanam di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (11/3). Selain mengetahui cara bertani, ini juga melatih siswa untuk bisa lebih peduli dengan lingkungan. 

Kegembiraan nampak di wajah para siswa usianya baru 4-5 tahun itu. Mereka sangat ingin tahu bagaimana bisa memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam. Apalagi jenis tanaman yang ada seperti sayur buncis, tomat, cabai, kacang panjang dan beberapa jenis buah-buahan.

Seperti Aufa (5). Ia sangat senang ketika diminta menggali tanah untuk menanam bibit dari tanaman buah-buahan. Dengan cekatan menggali dan menutup tanah menggunakan sekop kecil. 

"Iya senang. Tahu ini nama-nama buah sama sayuran. Bisa tanam-tanam pohon," ucapnya. 

Sementara, Lurah Rawabunga, Agustina menambahkan, pelatihan ini untuk mengenalkan siswa sejak usia dini tentang jenis sayur mayur dan tanaman buah. 

"Selama ini kan anak-anak mengenal sayur mayur hanya di rumah, saat akan dimasak oleh orangtuanya. Namun tidak tahu proses atau cara menanam hingga panen. Makanya melalui urban farming mereka kita ajarkan rutin setiap dua minggu," tandasnya.(p/ab)