Kaikoukai Healthcare Group Japan Mengunjungi PSTW Minaula Kendari

By Admin

nusakini.com--Kaikoukai Healthcare group, salah satu lembaga medis yang berpusat di Nagoya Jepang, berkesempatan mengunjungi PSTW Minaula Kendari. 

Rombongan terdiri dari Kazuhide Kumaza, Asisten manajer divisi home care, Ryoji Tachi, manajer divisi home care Kaikoukai Healthcare group. Selain itu ada Satoshi Miyajima, President Director OS Selnajaya Indonesia dan Mari Araki Research and Development Advisor. Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama Internasional Kemenaker turut serta mendampingi kunker tersebut serta Marzuki Hanafi Bantayan, Ketua STIKS Avicenna Kendari. 

Dalam kesempatan tersebut, rombongan melihat langsung proses pelayanan lansia di Minaula, diantaranya program day care, kegiatan senam lansia, senam lulo dan keterampilan lansia. Rombongan terlihat sangat menikmati kebersamaan tersebut, mereka bercengkarama akrab dengan para lansia di nursing care. 

Kazuhide Kumazawa, memuji pelayanan di minaula. Meskipun fasilitas terbatas, tapi dia melihat raut wajah para lansia di minaula nampak lebih bahagia dan lebih ceria dibandingkan lansia di Jepang. 

Kepala PSTW Minaula Kendari, Syamsuddin menjelaskan program dan pelayanan rehabilitasi sosial lansia PSTW Minaula baik yang berbasis individu, kelompok, keluarga dan komunitas. 

Selain kunjungan juga dilakukan penjajakan kerjasama caregiver training di Jepang. 

Diakhir kunjungan, sebagai bentuk soft diplomacy, Kepala PSTW Minaula kendari menyerahkan cinderamata untuk rombongan berupa tikar adat Tolaki hasil kerajinan lansia.(p/ab)