KAI Prioritas Kembangkan Kereta Api di Luar Jawa

By Admin


nusakini.com - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) mulai memprioritaskan pengembangan kereta api di luar Pulau Jawa seperti di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi untuk meningkatkan konektivitas transportasi di pulau-pulau besar tersebut.

"Sebisa mungkin, kami memprioritaskan pengembangan kereta di luar Pulau Jawa. Sudah dimulai dan terus dilanjutkan," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono di Yogyakarta, Rabu (19/10/2016).

Di Pulau Sumatera, pengembangan kereta api dilakukan untuk menghubungkan ujung utara pulau tersebut yaitu dari Aceh hingga Lampung di ujung selatan dengan panjang rel mencapai lebih dari 1.300 kilometer.

Daerah-daerah di Sulawesi akan dihubungkan dengan jalur kereta antara Makassar, Pare-pare hingga Gorontalo dengan panjang rel sekitar 1.400 kilometer. "Sudah dilakukan pembangunan jalur kereta antara Makassar dan Pare-pare sepanjang 140 kilometer," katanya.

Di Pulau Kalimantan, Prasetyo menyebut ada banyak pihak yang tertarik untuk mengembangkan jalur kereta di pulau tersebut karena kaya batu bara. Meskipun memiliki prioritas untuk mengembangkan jalur kereta di luar Pulau Jawa, PT KAI juga tetap memperhatikan peningkatan layanan kereta di Pulau Jawa, salah satunya dengan pembangunan trek ganda di jalur lintas utara dan selatan.

Sesuai Rencana Induk Kereta Api, ditargetkan adanya peningkatan jaringan rel hingga lebih dari dua kali lipat yaitu dari 5.000 kilometer menjadi 12.100 kilometer pada 2030. Untuk semakin memudahkan konektivitas antar moda, PT KAI juga akan memperbanyak jalur kereta api menuju bandara dan pelabuhan-pelabuhan besar.

Salah satu jalur kereta api menuju bandara yang akan diwujudkan adalah jalur menuju bandara baru Yogyakarta yang berada di Kabupaten Kulon Progo.(p/mk)