KAI Luncurkan Rail Clinic Kedua di Divre 4 Tanjungkarang

By Admin

Foto: Dokumentasi KAI  

nusakini.com - Sebagai bentuk Bakti Sosial dan wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, KAI Divre 4 Tanjungkarang meluncurkan Kereta Sehat (Rail Clinic) generasi kedua di Stasiun Bekri Rabu (15/2/2017) dan Stasiun Sukamenanti Kamis (16/2/2017), Tanjungkarang, Lampung.

Deputy EVP Divre 4 Asdo Atriviyanto, menyampaikan bahwa kehadiran Rail clinic ini sebagai tanggungjawab sosial KAI kepada masyarakat serta untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di daerah yang jauh dari jangkauan pusat pelayanan kesehatan“Program rail clinic ini diutamakan bagi masyarakat kurang mampu di sekitaran rel. Dimana kita menyediakan pengobatan gratis,” ujar Asdo seperti dilansir dari laman Kereta Api Indonesia, kai.id.

Pelayanan kesehatan menggunakan rail clinic di Stasiun Bekri melayani sebanyak 223 pasien, sedangkan di Stasiun Sukamenanti sebanyak 119 pasien

“Total di amsing-masing stasiun terdata mencapai 250 pasien. Kita juga akan memberikan 20 kacamata di setiap lokasinya bagi anak-anak yang terdeteksi mengalami gangguan pengihatan” kata Franoto.

Selain pelayanan kesehatan, pengobatan serta pemberian kacamata gratis kepada siswa/i SD juga dilakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga yang hadir mengenai kesehatan, Aset KAI dan keamanan perjalanan KA oleh jajaran Manajemen Divre 4 dan Tim kesehatan.

Ahmad Nurizki selaku Camat Kel. Pidada Kec. Panjang Desa Sukamenanti Bandarlampung, mengucapkan banyak terima kasih karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat.

“Kami berharap RailClinic ini untuk terus dilaksanakan kedepannya serta menghimbau kepada masyarakat sekitar agar membantu keamanan, kelancaran perjalanan KA dan turut menjaga aset KAI,” ujarnya.

Unsur muspika di Stasiun bekri yang di wakili oleh Aryadi sangat berterima kasih kepada KAI dan menghimbau kepada masyarakat sekitar agar membantu keamanan dan kelancaran perjalanan KA serta ikut serta menjaga aset KAI.

Manager Humas Divre 4 Tanjungkarang Franoto mengatakan Rail Clinic merupakan kereta yang di desain sebagai bentuk kepedulian KAI terhadap kesehatan masyarakat yang membutuhkan , khususnya bertempat tinggal disekitar rel kereta yang jauh dari fasilitas kesehatan.

Ada sejumlah perbedaan mencolok pada rangkaian Rail Clinic 2 yang membuatnya terlihat berbeda dari Rail Clinic 1, terutama pada bagian eksterior. Bila pada Rail Clinic 1 bagian wajah kereta didominasi oleh warna biru, maka pada Rail Clinic 2 ini pada bagian wajahnya didominasi oleh warna hijau.

Fasilitas yang ada di rangkaian Rail Clinic 2 ini sama seperti yang ada di Rail Clinic 1 yang sudah beroperasi terlebih dahulu. Di dalam Rail Clinic 2 ini terdapat poliklinik, poli kesehatan gigi, poli kesehatan mata, apotek, dan ruang tindakan kesehatan. Rail Clinic generasi kedua ini merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau eks Kereta Rel Diesel (KRD) Bandung Raya yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan. (p/mk)