nusakini.com-Kepri-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyerahkan bantuan tunai Rp 320 juta untuk rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah rumah ibadah di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Bantuan tunai itu disalurkan melalui Kadin Sulawesi Tengah. 

“Bentuk keperdulian pengusaha Se prov kepri melalui KADIN PROVINSI KEPRI PERDULI untuk keperdulian saudara-saudara kita yang lagi tertimpa musibah bencana. Kita terus gerakkan Kadin Prov Kepri,” ujar Akhmad Ma’ruf Maulana, Ketua Umum Kadin Kepri, Senin (18/3) lalu.

Dia mengatakan, Kadin sebagai wadah para pengusaha-pengusaha bukan hanya fokus terhadap bisnis dalam ekonomi, namun juga sebagai wadah pengusaha untuk berbagi dan berpartisipasi aktif dalam sosial kemasyarakatan. 

“Kadin sebagai wadah pengusaha, tentu bukan hanya fokus pada bisnis. Tapi kita juga mengkoordinir para pengusaha untuk peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan kita dan salah satunya kita tunjukkan kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa di palu,” kata dia. 

Tidak hanya itu, tambah dia, Kadin Kepri akan lebih meningkatkan gerakan sosial kemasyarakatan ini, agar keberadaan wadah pengusaha (Kadin) dapat juga dirasakan oleh masyarakat kecil. 

Bantuan Kadin provinsi Kepri untuk korban bencana gempa palu langsung diserahkan oleh perwakilan Kadin provinsi kepri yang diakomodir oleh Marthen Tandi Rura, Wakil Ketua Umum Bidang Daur Ulang dan Limbah yang mewakili Ketum Kadin Provinsi Kepri di lokasi penyerahan, bersama pula Achyar Nasution Komite Tetap Bidang organisasi, Mustava Wakil Ketua Umum Bidang Kelistrikan, dan Dua Staf Sekretariat Kadin Provinsi Kepri Henny dan silvi. 

Martin Tandi Rura mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan dana yang dihimpun dari kalangan dunia usaha di Kepulauan Riau. “Ini adalah bentuk solidaritas dan silaturahmi kami kepada saudara-saudara kami yang terkena bencana di Sulawesi Tengah,” kata Martin, di Kantor Kadin Sulawesi Tengah. 

  Pihaknya berharap bantuan tersebut dipergunakan sebaik-baiknya untuk perbaikan rumah ibadah di Kota Palu dan Kabupaten Sigi. 

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Sulawesi Tengah HM Arus Abdul Karim menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih atas bantuan dari para pengusaha di Kepulauan Riau.  

“Kadin Kepulauan Riau sejak awal bencana sudah membantu dan hari ini merupakan kali keduanya” ungkap dia.

Bantuan tersebut disalurkan kepada Masjid Agung Darussalam sebesar Rp100 juta, Masjid Jami Kampung Baru Rp 25 juta, Masjid Annur Palupi Rp 20 juta, Masjid Pakarosi Rp 25 juta, Vihara Eka Dharna Manggala Rp 50 juta dan gereja di Jono Oge sebesar Rp 97 juta. 

Seluruh bantuan diserahkan secara tunai kepada masing-masing pengelola. Sedangkan bantuan untuk gereja di Jono Oge sebesar Rp 97 juta akan ditransfer kemudian. 

Arus Abdul Karim menambahkan, sejak 38 September 2018 lalu, Kadin Sulawesi Tengah telah menyalurkan 7.000 paket sembako kepada korban bencana. 

Selanjutnya, Kadin Sulteng bekerjasama dengan Perbarindo memberikan bantuan hibah sebesar Rp586 juta untuk sektor UMKM, serta kerjasama dengan BPT Lokadana menyalurkan 2.000 paket bantuan. 

“Hingga hari ini Kadin masih terus menyalurkan bantuan bagi korban bencana. Kita terus mengupayakan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu masyarakat termasuk usaha kecil,” kata Arus Abdul Karim.(p/ab)