Kadin: Blok Masela Bisa Perkuat Industri Dalam Negeri Jika Dikelola Sendiri

By Admin


nusakini.com - Jakarta Blok Masela diyakini akan dapat memperkuat industri dalam negeri bila dikelola sendiri oleh negara. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Umum dan Koordinator Kadin, Andi Rukman Makkarumpa terkait diputuskannya pengelolaan Blok gas Masela di darat oleh pemerintah.

"Bila dikelola sendiri, cadangan gas tersebut dapat dipakai untuk memperkuat industri dalam negeri yang sering mengalami kelangkaan gas," ujar Rukman, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/3/2016).

Menurut Rukman, untuk mengelola dan berinvestasi di Blok Masela, pemerintah dapat membentuk konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pemerintah juga tidak perlu khawatir soal sumber pembiayaan sebab lembaga keuangan di luar dan dalam negeri sangat berminat dengan proyek besar tersebut. “Banyak perbankan yang antre mau biayai proyek ini,” katanya.

Terkait kompetensi dalam melakukan eksplorasi,  lanjut Andi, ada banyak konsultan dan tenaga ahli yang berseliweran di bidang eksplorasi. “Banyak tenaga ahlinya, konsultan juga ada. Tinggal kita saja yang kelola dan investasi,” tegasnya.

Dia menyebutkan dana hasil ekspor (DHE) juga akan menjadi lebih mudah dikendalikan dan jumlah uangnya dapat diparkir di Tanah Air. “Ini belum termasuk TKDN (tingkat komponen dalam negeri ). Kita bisa kendalikan lagi,” pungkas Rukman (mk)