Kader JKN Tingkatkan Penagihan Iuran Peserta JKN-KIS Yang Menunggak

By Admin


nusakini.com-Palembang- BPJS Kesehatan Cabang Palembang telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pengumpulan iuran bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang menunggak iuran. Salah satu kegiatan yang dijadikan agenda rutin adalah melakukan evaluasi kinerja Kader JKN. 

Eka Natalia selaku Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat kerja Kader JKN dalam melakukan pengumpulan iuran sesuai target mereka. Pengumpulan iuran menjadi hal yang penting mengingat melalui iuran yang dibayarkan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan dapat membayarkan biaya pengobatan rumah sakit (klaim) peserta yang sedang sakit.

Oleh karenanya BPJS Kesehatan selalu berupaya untuk terus meningkatkan pembayaran iuran oleh peserta, salah satunya bekerja sama dengan Kader JKN untuk membantu mengingatkan dan menagihkan iuran peserta JKN-KIS. 

Pada pertemuan bulan Oktober telah dilakukan sosialisasi perpres 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan sekaligus diskusi tentang masalah di lapangan serta solusi yang diharapkan, sedangkan pertemuan kali ini fokus pada capaian hasil kerja triwulan III dan strategi capaian pada target selanjutnya. 

Peran aktif dan semangat semua Kader JKN dalam menjalankan tugasnya sangatlah besar sehingga pengalaman mereka di lapangan memberikan gambaran bahwa kader JKN mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap tugas yang diberikan. 

Eka menambahkan Kader JKN merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Program JKN-KIS dan diharapkan akan mengoptimalkan salah satu fungsinya yakni melakukan pengumpulan iuran bagi peserta JKN-KIS yang menunggak. 

“BPJS Kesehatan juga terus berkoordinasi dengan lembaga dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kepatuhan publik terkait pemenuhan kewajiban membayar iuran, baik segmen badan usaha ataupun peserta perorangan,” papar Eka belum lama ini.

Darsini salah satu Kader JKN yang ditemui setelah acara evaluasi menyampaikan rasa bahagianya karena hasil kerjanya diapresiasi oleh BPJS Kesehatan. Untuk bulan ini ia berhasil mendaftarkan peserta baru dan membayar iuran selama satu tahun ke depan. Dari pertemuan ini, kami diberikan motivasi dan strategi untuk meningkatkan capaian pengumpulan iuran. Adapun salah satu strategi yang dilakukan adalah fokus pada daerah binaan, melakukan sosialisasi dan memberikan informasi tentang Program JKN-KIS kepada peserta. 

“Saya selalu semangat menjalankan tugas ini dan merasa sangat bangga menjadi bagian dari BPJS Kesehatan untuk membantu masyarakat menjadi peserta JKN-KIS, serta mempermudah pembayaran iuran mereka,” imbuhnya. 

Semoga Kader JKN dapat terus mengoptimalkan kinerjanya sehingga dapat mendukung BPJS Kesehatan dalam menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS. (p/ab)