Jurgen Klopp Tak Tutup Kemungkinan Latih Klub Italia

By ommed


nusakini.com - Manajer Liverpool Jurgen Klopp tak menutup kemungkinan melatih klub Serie A Italia di masa depan, namun sebelum itu mengaku harus mempelajari bahasa setempat.

Klopp untuk saat ini berada di ambang sejarah untuk mengantar Liverpool meraih gelar Liga Primer Inggris pertamanya, mengingat tim yang ia asuh unggul 25 poin di depan Manchester City yang menjadi pesaing terdekat.

Sosok asal Jerman itu pastinya takkan sepi peminat ketika kariernya di Anfield selesai, dan Italia menjadi destinasi memungkinkan untuknya karena negara tersebut memiliki Arrigo Sacho yang memberi pengaruh besar terhadap kariernya.

Kepada Radio Anch’io Sport, Klopp mengatakan: “Saya takkan datang ke Italia [untuk sekarang], karena saya ingin berkeliling dunia setelah karier [saya di Liverpool] ini.

“[Di Italia] saya akan meminum anggur yang bagus, saya akan bersenang-senang dengan Arrigo, juga bisa bersama [Carlo] Ancelotti atau dengan [Maurizio] Sarri.

“Saya cinta negara kalian, cuacanya, makanannya fantastis. Namun untuk melakukan pekerjaan seperti saya ini, saya harus mengetahui bahasanya, sedangkan bahasa Italia saya sangat tidak bagus.

“Saya butuh waktu, mungkin satu tahun untuk mempelajari bahasa Italia dan kemudian saya bisa memikirkannya, namun siapa yang tahu?

“Saat libur nanti, saya pasti akan ke sana, namun untuk bekerja, siapa yang tahu?”

Klopp menambahkan: “Pelatih terpenting bagi saya adalah Arrigo, setelah semua yang dia lakukan bersama tim Milan-nya.

“Hal-hal tersebut telah terimplementasi di tim kami dan semua dasar yang saya lakukan adalah dari yang dilakukan Arrigo.”

Di Liverpool, Klopp masih terikat kontrak hingga Juni 2024. (gi/om)