Juara Grup D, Argentina Bertemu Venezuela di 8 Besar

By Admin

nusakini.com--Torehan sempurna berhasil dicatatkan tim nasional Argentina dalam fase penyisihan Grup D Copa America Centenario 2016 usai di laga pamungkas berjaya atas Bolivia dengan skor 3-0.

Berlaga di CenturyLink Field, Seattle, Amerika Serikat, Rabu (15/6),  tim Tango yang menyimpan sejumlah bintangnya masih menunjukan tajinya sebagai kekuatan utama favorit juara tahun ini. 

Menyimpan Lionel Messi dan sejumlah bintang lainnya, anak-anak asuh Gerardo Martino justru mampu memaksimalkan deretan pilar pelapisnya untuk menguasai jalannya laga. Upaya ini cukup terbukti dengan tidak berkurangnya determinasi dan tekanan yang dilancarkan Kun Aguero cs.

Ambisi besar pun tetap diusung Argentina dalam duel ini demi memantapkan penampilan tim dan posisi mereka sebagai juara Grup D guna menatap babak perempat final.

Dan rupanya hanya butuh 13 menit sejak kick-off babak I untuk tim Tango membuka skor lewat aksi Erik Lamela. Menjadi algojo tendangan bebas tepat di depan kotak penalti lawan, bola eksekusi Lamela berbelok arah mengenai barisan pagar pemain Bolivia, mengantarkan Argentina unggul 1-0.

Tak lama berselang, Ezequile Lavezzi mampu memanfaatkan kemelut di muka gawang Bolivia usai bola sempat dikirim dari sisi kiri skema serangan Argentina, gol kedua pun dicetak apik oleh Lavezzi hasil operan Higuain menjauhkan skor 2-0 untuk timnya dimenit 15.

Belum puas hanya dua gol, giliran Victor Cuesta yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 32. Bermula dari tendangan keras Lavezzi dipertahanan Bolivia, bola yang langsung disontek sempurna tepat di depan gawang Carlo Lampe pun meluncur deras dan membawa Argentina unggul 3-0 hingga akhir 45 menit pertama usai.

Memulai paruh akhir laga, Lionel Messi pun didaulat turun ke arena duel menggantikan Gonzalo Higuain. Sontak, tampilnya sang megabintang pun menjadi sorotan dalam pertarungan ini.

Peran dan penampilannya ini pun terus membuat Messi mendapatkan pengawalan ketat oleh para pemain Bolivia disetiap pergerakannya. Bahkan, pemain Bolivia, Jashmani Campos harus menerima kartu kuning setelah menjegal keras untuk meredam aksi Messi pada menit 81.

Namun, hingga berakhirnya laga tersebut, skor 3-0 untuk kemenangan Argentina tidak berubah dan menjadikan mereka sempurna mengoleksi 3 poin sepanjang fase grup. Sebagai juara Grup D, maka Argentina akan menantang Venezuela yang merupakan runner-up Grup C di babak perempat final, Minggu pagi WIB 19 Juni 2016 mendatang. (v/ab)

Susunan Pemain:

Argentina: Sergio Romero, Ramiro Funes Mori, Nicolas Otamendi (Maidana 75’), Facundo Roncaglia, Victor Cuesta, Ever Banega (Lucas Biglia 46'), Erik Lamela, Matias Kranevitter, Ezequiel Lavezzi, Gonzalo Higuain (Lionel Messi 46'), Sergio Aguero.

Bolivia: Carlos Lampe; Nelson Cabrera, Edward Zenteno; Diego Bejarano, Luis Guitierrez, Erwin Saavedra, Pedro Azogue, Alejandro Melean; Martin Smedberg (Algaranaz 85’), Juan Carlos Arce (Cristhian Machado 46'), Yasmani Duk (Diego Bejarano 24').