Jokowi Minta NU Bimbing Alumni ISIS

By Admin


nusakini.com - Jakarta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil Siradj mengungkapkan Presiden Joko Widodo meminta ulama-ulama NU membimbing warga negara Indonesia (WNI) alumni ISIS yang baru pulang dari Suriah agar kembali pada ajaran Islam yang benar. 

"Beliau (Presiden Jokowi) minta kita menangani deradikalisasi. Karena sudah banyak yang pulangkan.Saat ini ada sekitar 50 WNI yang sudah kembali ke Indonesia," kata Said di Istana Negara, Kamis (31/3/2016). 

Said menjelaskan, program deradikalisasi yang akan dilakukan NU adalah dengan mendatangi langsung para alumni ISIS di desa-desa tempat mereka tinggal. Dalam menjalankan program ini, NU akan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). 

"Kita akan memberikan pencerahan dan bimbingan. Kan mereka banyak sekali yang salah paham dan pahamnya salah," kata Said. 

Said menyebut NU telah mengantongi data 700-an WNI yang berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Termasuk data siapa saja dari mereka yang telah kembali lagi ke Indonesia. (ab)