nusakini.com - Nganjuk - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tidak tujuh ruas Tol Trans Jawa, Kamis (20/12/2018). Di Jawa Timur, Jokowi meresmikan ruas Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Mojokerto (seksi Bandar-Kertosono), relokasi Jalan Tol Porong-Gempol, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (seksi Pasuruan-Grati). Sedangkan di Jawa Tengah, Jokowi meresmikan ruas Pemalang-Batang (segmen simpang susun Pemalang-Pasekaran), Batang-Semarang (segmen Pasekaran-simpang ausun Krapyak), dan Semarang-Solo (segmen Salatiga-Kartasura).

Dengan peresmian tersebut, menandakan jalan tol Jakarta ke Surabaya telah tersambung.

"Artinya Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan hari ini," kata Jokowi di KM 671 Tol Trans Jawa, Nganjuk, Jawa Timur.

Jokowi menjelaskan Tol Trans Jawa memiliki panjang 741 km dengan titik nol di Cawang, Jakarta Timur. Ia pun turut menjajal jalur dari Surabaya ke Semarang dengan jarak 341 km.

Pada kesempatan peresmian tersebut, Jokowi juga berharap infrastruktur ini dapat memudahkan mobilitas warga. Keberadaan tol pun dipastikan bakal membuat ongkos logistik dan transportasi lebih murah dan cepat, serta alternatif pilihan bagi masyarakat. (sm/mr)