nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memperingati Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional 1437 Hijriyah di Istana Negara, Selasa, (21/6/2016) menyampaikan, bahwa bangsa Indonesia akan menjadi lebih maju dan sejahtera, apabila umat muslim menjalankan ajaran Al-Qur'an.

"Sek‎arang kita perlu tuntunan Al-Qur’an untuk menata kehidupan bangsa Indonesia agar lebih maju, lebih toleran, dan bebas dari kemiskinan," kata Presiden. 

Lebih lanjut Presiden juga mengatakan, sebagai upaya untuk memerangi kemiskinan dan mendorong investasi, maka Pemerintah fokus melakukan deregulasi aturan-aturan yang menghambat investasi dan pembangunan ekonomi nasional, membangun infrastruktur untuk mewujudkan konektivitas antar wilayah di Tanah Air, dan membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas. 

Melalui peringatan turunnya Al-Qur'an sebagai pedoman umat manusia ini, diharapkan tingkat kesalehan sosial di antara masyarakat dapat meningkat. 

"Al-Qur’an mengajarkan kita untuk saling mengenal (ta’aruf), saling memahami (tafahum), dan saling kerjasama, tolong menolong dalam semua aspek kehidupan (ta’awun)," ucap Presiden. 

"Insya Allah, jika umat jalankan ajaran Al-Qur'an, di ujung jalan, di ujung jembatan, di ujung pelabuhan, Indonesia akan menjadi lebih baik, Indonesia akan menjadi bangsa yang maju, bahagia lahir dan batin," ucap Presiden menutup sambutannya.(ifm/mk)