Jelang May Day Kemnaker Gelar cek Kesehatan Gratis bagi Pekerja

By Admin

nusakini.com--Menjelang Perayaan Hari Buruh Internasional 1 Mei atau biasa disebut dengan May Day, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan menggelar sejumlah acara yang melibatkan Pekerja/Buruh. Salah satunya adalah acara Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Pekerja/Buruh yang dilaksanakan di area Car Free Day GOR Pakansari Cibinong, Bogor pada Minggu (15/4).  

“Kegiatan ini bertujuan agar pekerja dan kita semua sadar akan pentingnya kesehatan, dan juga untuk meningkatkan mutu kesehatan pekerja Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dalam sambutannya.  

Dirjen Haiyani menjelaskan, May Day tidak selalu dirayakan dengan turun ke jalan dan demonstrasi namun bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif dengan semangat sportivitas, kreativitas dan produktivitas tinggi.  

“Rangkaian kegiatan ini merupakan inisiatif Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, menjaga kesehatan itu penting bagi kita semua,” jelas Dirjen Haiyani.  

Diharapkan dengan kegiatan ini, para pekerja Indonesia dapat rutin melakukan pemeriksaan, sehingga kondisi kesehatan kita akan terpantau. Dengan kesehatan yang terjaga akan makin meningkatkan produktivitas sehingga kualitas hidup makin optimal.  

“Pada tahun ini peringatan May Day dirayakan dengan tagline ‘May Day is a Fun Day’ dengan maksud agar peringatan hari buruh internasional dijadikan sebagai hari yang menyenangkan,” kata Haiyani.  

Adapun pemeriksaan kesehatan gratis kali ini terdiri dari pemeriksaan EKG (pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik jantung), SGPT (fungsi hati), Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Konsultasi Dokter Umum. Setiap peserta pemeriksaan kesehatan gratis dapat memilih 3 (tiga) jenis pemeriksaan. 

Pelaksanaan acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dalam rangka untuk memeriahkan perayaan hari buruh internasional tahun 2018 sekaligus mengisi waktu libur 1 Mei dengan kegiatan yang positif dan sehat. Sejalan dengan Keputusan Presiden Nomor. 24 Tahun 2013 tentang penetapan tanggal 1 Mei sebagai hari libur dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day).  

Selain pemeriksaan kesehatan gratis bagi pekerja/buruh, Kemnaker akan melakukan berbagai rangkaian kegiatan lainnya seperti buruh mengaji, sepeda santai pekerja/buruh, khitanan masal bagi anak pekerja/buruh, kompetisi band pekerja/buruh.  

Selain itu, ada juga kegiatan Liga Pekerja Indonesia, lomba senam Maumere pekerja/buruh, dan jalan santai pekerja/buruh. Puncak dari seluruh kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Jakarta pada 1 Mei 2018. (p/ab)