Jelang Libur Akhir Tahun, Pertamina Bakal Tambah Pasokan Elpiji

By Admin


nusakini.com - PT Pertamina MOR V Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan menambah pasokan gas elpiji serta bahan bakar minyak (BBM) jelang akhir tahun. Penambahan ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan permintaan dari masyarakat. Seperti tradisi, jelang pergantian tahun selalu terjadi kenaikan konsumsi bahan bakar.

General Manager PT Pertamina MoR V, Kusnendar mengungkapkan, setiap jelang akhir tahun konsumsi bahan bakar baik elpiji ataupun BBM melonjak karena mobilitas di wilayah ini meningkat. Tradisi wisata akhir tahun yang sebagian besar dilakukan masyarakat memang membutuhkan bahan bakar lebih dari biasanya. Jika tidak ada penambahan maka akan terjadi kelangkaan. "Kemungkinan akan naik 7-10%," tuturnya, Sabtu (19/11/2016). 

Lonjakan tersebut tidak akan berlangsung lama karena kemungkinan sekitar 2-3 minggu. Ia memprediksi peningkatan baru mulai terjadi pada pertengahan Desember dan akan berakhir usai pergantian tahun. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kenaikan gas elpiji terutama untuk ukuran 3 kilogram. 

Terlebih saat ini kondisi cuaca cenderung basah sehingga konsumsi elpiji bersubsidi akan semakin banyak. Sebab, di beberapa wilayah, banyak masyarakat yang biasanya menggunakan kayu bakar mulai beralih menggunakan gas melon. Karena alasan kepraktisannya dibanding menggunakan kayu ketika musim hujan, maka ada sebagian yang beralih ke gas elpiji. 

Terkait BBM, lonjakan permintaan akan terjadi, tetapi menurutnya hanya di kawasan tertentu. Di jalur objek wisata dan jalur penghubung antarkota akan terjadi peningkatan karena banyak pengguna kendaraan bermotor melewati kawasan tersebut.  

Untuk itu, pihaknya akan menambah pasokan dan memerintahkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk stand by. "Kami telah memetakan titik-titik tertentu tersebut," tambahnya. (p/mk)