Jelang Ke Eropa, Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas membahas persiapan kunjungan kenegaraan ke empat negara di Eropa. Hal itu dikatakan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (15/4/2016). Presiden, terang Pramono, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda. "Kunjungan kenegaraan ke Eropa ini akan menitikberatkan pada hal kerja sama ekonomi," ujar Pramono.

Selain itu, Presiden juga akan membahas perkembangan politik terakhir seperti Timur Tengah dan terorisme. "Kunjungan saat ini bukan kunjungan basa-basi, sehingga setiap kunjungan ke negara yang berkaitan dengan bisnis diminta sesuatu yang done, artinya sesuatu yang terlaksana bukan hanya sekadar kunjungan," tutur Pramono.

Disisi lain, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengatakan kunjungan Presiden ke Eropa banyak menyangkut aspek perdagangan.

"Hasil konkrit yang akan dicapai adalah penuntasan tahap awal soal nego Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) UE-Indonesia," ujar Lembong.

Menurut dia, CEPA ini suatu kerjasama ekonomi raksasa karena melibat 28 anggota Uni Eropa dengan total penduduk 530 juta dan perekonomian sebesar 18,5 trilun dolar AS per tahun.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan inti dari kunjungan Presiden di empat negara Eropa untuk memperkokoh kemitraan dengan Uni Eropa, serta menampilkan Indonesia sebagai negara terbuka dan kompetitif.

Fachir juga mengungkapkan kunjungan ke Presiden ke Uni Eropa ini merupakan sejarah baru karena bertemu dengan tiga kepala, yakni komisi Eropa, Dewan Eropa dan parlemen Eropa. (ab)