Jelajah Penganan Lokal Luwu Utara

By Admin


nusakini.com - Luwu Utara identik dengan kapurung (penganan lokal utama dari sagu), coklat dan kopi. Khusus coklat, ada resto unik "Chalodo" di kota Masamba, yang menyajikan berbagai variasi makanan dan minuman dari coklat. Untuk minuman, sebut saja coklat madu, coklat kayu manis serta coklat jahe sebagai contoh. 

Untuk penganan, ada yang unik. Tersaji mie ayam coklat bakso, mie kering coklat dan bakso sapi lada hitam. Mienya berwarna coklat, karena memang terbuat dari coklat. Teksturnya lebih lembut. Rasanya tidak beda dengan mie biasa.

Selain coklat, ada pula sajian kopi lokal asal Seko, dataran tinggi yang terkenal dengan savana dan bukitnya di wilayah Luwu Utara. Biasanya wilayah dataran tinggi seperti Seko ditumbuhi jenis kopi Arabika. Namun uniknya di Seko, justru yang tumbuh adalah jenis Robusta, yang biasanya sulit tumbuh di dataran tinggi seperti Seko.

Ditanam berdampingan dengan tanaman kakao, membuat kopi Seko memiliki cita rasa yang khas. Rasa asam bercampur pahit kecoklatan begitu mendominasi setiap hirupan kopi Seko.

Jika penasaran dengan semua penganan dan minuman tadi, jejakkan kaki Anda ke Luwu Utara. (Tami)