Jamu Muenchen Jadi Ujian Status Jago Kandang Atletico

By Admin


nusakini.com - Atletico Madrid akan menjamu Bayern muenchen pada leg pertama semifinal Liga Champions di Vicente Calderon, Madrid, Kamis (28/4/2016) dini hari WIB. Duel ini jadi ajang pembuktian status jago kandang Los Colchoneros.

Musim ini skuat Diego Simeone memiliki catatan hebat setiap kali bermain di kandang, baik pada kompetisi lokal maupun antarklub Eropa. Di La Liga, Atletico Madrid menjadi klub yang paling sedikit kebobolan sepanjang musim ini.

Tak hanya jago kandang di kompetisi lokal, Fernando Torres dan kawan-kawan juga membuktikan kapasitas tersebut saat menghadapi tim-tim Eropa lain. Di Liga Champions pada musim ini, gawang yang biasa dikawal Jan Oblak itu hanya kebobolan dua gol dari lima laga kandang yang dijalani.

Jika ditarik ke belakang, total gawang Atletico Madrid tidak pernah kebobolan dalam 10 dari 11 laga kandang terakhir. Fakta tersebut akan menjadi modal Atletico bertemu salah satu favorit juara, Muenchen.

Sebaliknya Die Roten justru membawa tren negatif tandang, terutama tiap kali memasuki fase knock-out. Sejak ditangani Josep Guardiola, Muenchen sudah merasakan delapan kali bermain tandang pada babak gugur Liga Champions.

Pelatih asal Spanyol itu hanya bisa memberikan satu kemenangan tandang, yakni melawan Arsenal pada 19 Februari 2014. Bahkan, sisa tujuh pertandingan terakhir, Muenchen tidak pernah sekalipun menang tiap melawat ke markas lawan.

Menghadapi Atletico, Bayern Muenchen memang diunggulkan melaju ke final. Namun, Muenchen memiliki gaya bermain yang mirip Barcelona sejak ditangani Guardiola. Alhasil, Los Rojiblancos merasa tak takut dengan kedatangan Robert Lewandowski dan kawan-kawan ke Vicente Calderon. 

"Gaya bermain mereka jelas berbeda dengan kami. Itulah indahnya sepak bola. Muenchen merupakan tim yang hebat di dunia. Kami akan berusaha memainkan pertandingan terbaik," kata bek Atletico Madrid, Stefan Savic.

Kubu Muenchen menyadari dengan kualitas yang dimiliki Atletico Madrid. Menurut pemain Spanyol yang mengenal betul Los Colchoneros, Javi Martinez, timnya bakal menghadapi salah satu laga yang sulit.

"Saya percaya hanya Barcelona yang mempunyai gaya bermain mirip kami. Atletico tampil lebih bertahan. Namun, saat memegang bola, mereka tahu apa yang dilakukan. Mereka hebat saat bertahan, menyerang, berjuang di lapangan, dan mendominasi setiap situasi bola mati," ujar Martinez.

Menariknya, kedua tim kemungkinan besar bakal memainkan mayoritas skuat terbaik. Tuan rumah hanya kehilangan Diego Godin dan Tiago Mendes yang mengalami cedera. Adapun Muenchen akan tampil tanpa Holger Badstuber dan Arjen Robben karena masalah yang sama. (ab)

Prakiraan susunan pemain

Atletico Madrid: Jan Oblak; Juanfran, Jose Gimenez, Lucas Hernandez, Filipe Luis; Saul Niguez, Koke, Gabi Fernandez, Yannick Ferreira Carrasco; Antoine Griezmann, Fernando Torres 

Pelatih: Diego Simeone

Bayern Munchen: Manuel Neuer; Philipp Lahm, Javi Martinez, David Alaba, Juan Bernat; Arturo Vidal; Douglas Costa, Thomas Muller, Thiago Alcantara, Franck Ribery; Robert Lewandowski 

Pelatih: Josep Guardiola

Head to head

Lima pertandingan terakhir Atletico Madrid 

23/4/2016 - Atletico Madrid 1-0 Malaga (La Liga)

20/4/2016 - Athletic Bilbao 0-1 Atletico Madrid (La Liga)

17/4/2016 - Atletico Madrid 3-0 Granada (La Liga)

13/4/2016 - Atletico Madrid 2-0 Barcelona (Liga Champions)

9/4/2016 - Espanyol 1-3 Atletico Madrid (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Bayern Munchen

23/4/2016 - Hertha Berlin 0-2 Bayern Munchen (Bundesliga)

19/4/2016 - Bayern Munchen 2-0 Werder Bremen (DFB Pokal)

16/4/2016 - Bayern Munchen 3-0 FC Schalke 04 (Bundesliga)

13/4/2016 - Benfica 2-2 Bayern Munchen (Liga Champions)

9/4/2016 - VfB Stuttgart 1-3 Bayern Munchen (Bundesliga)