Jambu Kristal Jayi Kabupaten Majalengka, Produksi Petani Milenial, Siap Mendukung Ekspor

By Abdi Satria


nusakini.com-Majalengka-Kementerian Pertanian senantiasa memberikan perhatian dan pendampingan kepada para petani demi meningkatkan produksi, mutu dan kesejahteraan para petani Indonesia.

Berawal dari saran Direktur Jenderal Hortikultura saat melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Majalengka, Agustina Heriyanto yang biasa dipanggil Agus, salah seorang petani milenial asal Desa Jayi, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, mulai menaman jambu kristal Jayi bantuan Direktorat Jenderal Hortikultura.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, diperlukan usaha dan kerja keras serta perhatian yang sungguh-sungguh dalam setiap tahapan tumbuh kembangnya setiap komoditas yang kita tanam seperti memberikan pupuk yang cukup, pembungkusan buah serta penyiraman sesuai dengan yang diperlukan ungkap Agus membuka obrolan. Nama Jayi adalah nama desa dimana jambu kristal banyak dibudidayakan di Kabupaten Majalengka ujar Agus menambahkan. 

Jambu kristal Jayi asal Kabupaten Majalengka khususnya yang berasal dari kebunnya sangat digemari oleh masyarakat bahkan beberapa konsumen bergantian datang ke kebun Agus untuk membeli hasil panennya, baik untuk dinikmati sendiri maupun untuk dijual kembali. 

Beberapa ciri khas jambu kristal asal Kabupaten Majalengka adalah berkulit cerah, bersih, rasanya manis, bila digigit kriuk/garing dan kandungan air lebih banyak.  

Beberapa pasar yang telah disambangi jambu kristal Jayi yang berasal dari kebun Agus adalah pasar Sumber, Kota Majalengka, Sumedang, Subang, Kota Cirebon, Bandung, Jakarta dan lain sebagainya.

Kini, pilihan Agus ternyata tidak salah, jerih payahnya mulai membuahkan hasil, jambu kristal Jayi yang ditanam telah berjumlah sekitar 6.000 pohon, bila satu pohon menghasilkan rata-rata 20 Kg dan saat ini harga dipasaran sekiar Rp. 17 ribu per Kg, apabila diasumsikan dijual dengan harga Rp. 10.000 per Kg, maka dalam sekali panen Agus bisa meraup hasil sebanyak 1, 2 Milyar (6.000 pohon x 20 Kg/ pohon x Rp. 10.000) terang Agus bersemangat.

Disamping itu, Agus pun sudah mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar yaitu sekitar 40 orang per hari ditambah dengan beberapa orang yang bekerja membantu di kebunnya.

 Dalam kesempatan tersebut, Agus menceritakan bahwa setelah lulus kuliah dan menyandang gelar Sarjana Ekonomi, Agus telah bekerja di salah satu Bank swasta di Bandung namun atas saran dari orang tuanya dan keyakinannya mengenai prospek pertanian di Indonesia, Agus kembali ke desa untuk membantu meneruskan usaha orang tuanya menjadi petani.

Plt Direktur Buah dan Florikultura, Sri Wijayanti Yusuf yang biasa dipanggil Yanti ini sangat mengapresiasi atas keberhasilan Agus dalam berusahatani jambu kristal Jayi di Kabupaten Majalengka. Semoga keberhasilan Agus dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk tidak takut menjadi seorang petani, dan ke depan kita harapkan akan muncul “Agus-Agus” lainnya, ujar Yanti.

Yanti menambahkan bahwa jambu biji juga berpeluang untuk mengisi pasar internasional, hal ini terbukti dari data BPS bahwa ekspor jambu biji pada tahun 2018 sebesar 143 Ton meningkat 76% dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 81 Ton. Jambu biji kita sudah masuk pasar Singapura, Malaysia, Korea,Kuwait dan Saudi Arabia,tambahnya.

Untuk mensuplai pasar baik dalam negeri maupun ekspor tentunya kita harus menjaga kualitas dan kontinuitas, oleh karena itu dalam setiap berusaha tani hortikultura harus tetap berpijak pada kaidah GAP/SOP sehingga bisa menghasilkan buah yang berkualitas baik,aman konsumsi dan berdaya saing, tutup Yanti.(p/eg)