Jalin Kerja Sama, LIPI Harap Angkat Potensi Belitung Lewat Iptek

By Admin


nusakini.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Bangka Belitung untuk mengangkat potensi wilayah Belitung melalui pemanfaatan iptek. Kerjasama ini tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Bambang Subiyanto dengan Bupati Belitung Sahani Saleh pada Jumat (16/12) di Belitung.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, ditandatangani pula Perjanjian Kerjasama Tripartid antara Pusat Penelitian Metrologi LIPI dengan PDAM Belitung dan Dinas Pekerjaan Umum Belitung. Perjanjian ini menyepakati kerjasama penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi pengelolaan air di Belitung. 

Bupati Belitung mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin antara pihaknya dengan LIPI. “Kerjasama ini merupakan hal yang sangat diharapkan, mengingat keberadaan LIPI dibutuhkan di Belitung,” tekannya. 

Sahani melanjutkan, alasan utama bekerjasama dengan LIPI karena program pembangunan berbasis iptek menjadi hal penting dan skala prioritas dalam pembangunan yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Belitung. Kemudian, pihaknya berharap hasil kerjasama ini mampu mengatasi beragam persoalan yang selama ini ada, terutama ketersediaan air bersih yang berkualitas dan aksesnya yang mudah didapat warga Belitung. 

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI mengemukakan, kehadiran LIPI di Belitung melalui hasil-hasil risetnya diharapkan bisa mengatasi berbagai permasalahan dan mengangkat potensi yang ada. “Kami akan membawa hasil riset yang pas untuk diterapkan di wilayah Belitung,” tuturnya. 

Selain itu, kata Bambang, pihaknya juga mendorong Pemkab Belitung melakukan berbagai terobosan melalui inovasi teknologi untuk menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Terobosan ini khususnya untuk mengangkat destinasi-destinasi pariwisata di Belitung agar mampu lebih bergaung di tingkat regional. 

Bambang pun meminta, agar inovasi teknologi mampu ditransfer dengan baik ke masyarakat Belitung, maka Pemkab diharapkan siap menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk menerima transfer tersebut. “Dengan adanya SDM Belitung yang mumpuni, maka kami yakin transfer teknologi akan berjalan dengan baik dan mampu memaksimalkan potensi yang ada. LIPI pun nantinya tinggal melakukan pembimbingan dan pendampingan,” tutupnya. (p/mk)