Jajaki Potensi Afrika, Kemlu Kunjungi Zambia

By Admin

nusakini.com-- “Zambia memiliki potensi kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, terutama konstruksi” ujar Konsul Kehormatan Zambia untuk Indonesia, Levy Zulu pada pertemuan dengan delegasi Kemlu dan PT WIKA di Zambia pekan lalu. Kementerian Luar Negeri, KBRI Harare dan PT WIKA melakukan kunjungan ke Zambia untuk menjajaki peluang kerja sama antara kedua negara. 

“Terdapat potensi kerja sama dalam pembangunan infrastruktur terutama jalan raya, serta proyek pembangkit listrik minihydro dan pabrik precast dengan Zambia” ucap Gelora Yala Nusantoro, Manager Pengembangan Bisnis PT WIKA setelah melakukan pertemuan dengan instansi-instansi terkait infrastruktur di Zambia, seperti Zambia Development Agency, Road Development Agency dan Office for Promoting Private Power Investment. PT WIKA akan melakukan feasibility study lanjutan pada proyek-proyek tersebut. 

Begitu pula, Zambia mengapresiasi kunjungan delegasi dan mengundang perusahaan – perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi pada berbagai proyek yang akan dilaksanakan di Zambia. Ditambahkan bahwa terdapat banyak potensi kerja sama di berbagai bidang yang sesuai dengan kemampuan BUMN Indonesia dan berharap agar kerja sama dapat segera dilaksanakan. 

Selain melihat peluang kerja sama dimaksud, Kemlu juga sedang menjajaki kerja sama pembebasan visa Diplomatik dan Dinas antara kedua negara. Hal ini menyusul pemberian bebas visa kepada warga negara Zambia selama maksimal 30 hari oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2016. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mengamanatkan untuk lebih mengintensifkan kerja sama pembangunan, perdagangan dan investasi dengan negara pasar potensial antara lain Afrika. Indonesia tidak ingin ketinggalan dari berbagai negara-negara besar Asia lainnya yang sudah menancapkan bisnisnya di benua menjanjikan ini. 

Menindaklanjuti hal ini, Kementerian Luar Negeri RI terus berupaya meningkatkan berbagai kerja sama dengan negara-negara di Afrika dengan mengikutsertakan BUMN Indonesia pada kunjungan ke negara-negara di Afrika. 

Zambia adalah salah satu negara di bagian selatan Afrika dengan kondisi politik cukup stabil dan diprediksi memiliki tingkat ekonomi yang akan terus meningkat. Zambia saat ini sedang melakukan banyak pembangunan infrastruktur dan banyak investor maupun kontraktor asing yang telah masuk di Zambia. Prioritas pembangunan infrastruktur diantaranya di bidang energi dan transportasi. (p/ab)