Jaga Momentum Hubungan Bilateral RI-AS, Dirjen Amerop Terima Asisten Menlu AS

By Admin

nusakini.com--Sebagai upaya menjaga momentum hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa menerima Pelaksana Tugas Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, Susan Thornton, dalam Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi RI-AS di Gedung Garuda, Kementerian Luar Negeri, kemarin.

Dalam pertemuan, Dirjen Amerop menegaskan bahwa Indonesia tetap berkomitmen memainkan peran kepemimpinan di kawasan di bawah kebijakan polugri yang bebas dan aktif. Di sisi lain, Indonesia mengharapkan AS dapat memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. Kedua negara juga berkomitmen untuk mendorong peningkatan kerja sama konkrit, khususnya di bidang ekonomi, yang merupakan prioritas kedua negara. 

Pertemuan Pejabat Tinggi tersebut dilakukan dalam kerangka Kemitraan Strategis AS-Indonesia dan merupakan pertemuan pejabat tinggi pertama setelah Kemitraan Strategis disepakati pada tahun 2015. Pertemuan membahas penguatan hubungan bilateral, dan kerja sama kedua negara dalam mewujudkan keamanan dan kesejahteraan kawasan di bawah kerangka kerja sama Kemitraan Strategis. 

Sebagai tindak lanjut pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden AS Donald Trump di sela-sela KTT G-20 tahun 2017, kedua Pejabat Tinggi membahas isu-isu yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama, antara lain peningkatan perdagangan dan investasi, akses produk perikanan Indonesia ke AS, investasi maritim di RI, keamanan maritim, modernisasi alutsista, penanggulangan terorisme, kerja sama pembangunan, dan keamanan ruang siber. Isu Palestina, dan Rohingya di Myanmar juga menjadi agenda pembicaraan. 

Selain memperkuat hubungan bilateral, Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang aman, sejahtera, terbuka, inklusif, saling menghormati, saling percaya, dan saling menguntungkan. 

Hasil Pertemuan Pejabat Tinggi merupakan dasar dan bahan bagi pertemuan tingkat Menteri kedua negara dalam kerangka Annual Ministerial Strategic Dialogue (AMSD). Selama tahun 2016-2017, telah berlangsung beberapa pertemuan tingkat tinggi yakni Pertemuan Presiden RI dan AS di sela-sela KTT G20, kunjungan Wakil Presiden AS, Mike Pence, ke Jakarta pada April 2017, dan rangkaian pertemuan bilateral Menlu RI di Washington, DC pada Mei 2017.(p/ab)