Jaga Kekompakan dan Semangat Merah Putih

By Admin

nusakini.com-- Teruslah jaga kekompakan, kekeluargaan dan semangat Merah Putih walaupun jauh dari tanah air Indonesia, demikian disampaikan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Buenos Aires, Andante Widi Arundhati saat menghadiri pertemuan seluruh masyarakat Indonesia (rohaniwan) di Argentina yang diselenggarakan di Alicia Alta, Provinsi Misiones, Argentina, pekan lalu.

Pertemuan tiga tahunan yang diinisiasi pada tahun 2003 oleh WNI rohaniwan katholik yang bertugas di berbagai provinsi di Argentina merupakan media untuk berbagi pengalaman sesama rohaniwan dan masyarakat Indonesia di Argentina serta berbagai kesulitan yang mungkin mereka hadapi. 

"Awalnya kami hanya sedikit, namun seiring waktu dan semakin banyak yang ditugaskan ke Argentina kami merasa perlu ada pertemuan ini", ungkap ketua panitia pertemuan, Ptr. Simon Sugi Duli kepada KBRI Buenos Aires. Peserta yang hadir pada pertemuan kali ini adalah 36 orang WNI dan mereka bertugas dari seluruh pelosok Argentina. 

Bagi KBRI Buenos Aires pertemuan semacam ini adalah media untuk pembinaan kepada masyarakat Indonesia di Argentina dan dialoga kan beragam kebutuhan WNI di Argentina. “Tujuan kita adalah untuk memberikan pelayanan kepada WNI di Argentina", ucap KUAI KBRI Buenos Aires dalam paparan singkat kepada para peserta. 

Dalam kesempatan tersebut, KBRI Buenos Aires juga memberikan diseminasi informasi mengenai penggunaan dan pendaftaran Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN). “Beberapa WNI telah berada di Argentina hampir 20 tahun dan KMILN dapat membantu mereka saat nanti mereka kembali ke Indonesia dengan berbagai fasilitas dan kemudahan". 

KBRI Buenos Aires juga membuka layanan desk Konsuler bagi pemuktahiran data (kekonsuleran) WNI serta guna menyambut Pemilu 2019. Kegiatan pertemuan yang berlangsung dari tanggal 8 s.d 12 Januari 2018 diisi dengan berbagai program yang meliputi diskusi, ramah tamah dan kegiatan outdoor. (p/ab)