Jadi Primadona di Canton Fair, Indonesia Raih USD 19 Juta

By Admin

nusakini.com-- Indonesia berhasil memperoleh potential order senilai USD 19 juta  selama Canton Fair, di Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Nilai itu diperoleh dari lima perusahaan elektronik dan building material Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Arlinda, Selasa (25/10). 

“Kami juga mencatat sebesar 80% order produk elektronik yang diperoleh Paviliun Indonesia. Produk lain yang juga mendapat prospek order yang cukup tinggi yaitu pintu kayu dari PT Yooshin  Indonesia, pelapis untuk produk berbahan dasar kayu dari Bio Industries, beragam jenis lampu  PT Sinar Angkasa Rungkut, serta wood and coconut flooring and panel dari Golden Coco,” jelas Arlinda. 

Produk elektronik Polytron menjadi primadona di Paviliun Indonesia. Untuk produk televisi dan home theater, sudah terjadi kesepakatan pembelian. Produk lain yang direspon positif oleh buyer  yaitu pintu kayu dari PT Yooshin Indonesia. 

Beberapa buyer yang datang menilai kayu yang menjadi dasar pintu tersebut mempunyai kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan kompetitornya seperti RRT, Malaysia, dan Korea. Beberapa  buyer juga tertarik berkunjung ke pabrik Polytron dan PT Yooshin Indonesia di Cikarang dan  Banten. “Produk elektronik dan building material Indonesia terbukti berhasil menarik minat para buyer dari mancanegara,” ungkap Arlinda. 

Paviliun Indonesia dikunjungi oleh sekitar 1000-an pengunjung bisnis. Mayoritas pengunjung bisnis berasal dari Amerika Selatan (Brasil, Chili, Kosta Rika, Argentina), Timur Tengah (Saudi Arabia,  Uni Emirat Arab), Afrika (Mesir, Aljazair, Togo), Asia (India, RRT, Bangladesh, Srilanka, Brunei,  Singapura, Malaysia, Kamboja), Eropa (Turki, Ceko, Bulgaria, Bosnia, Polandia, Spanyol), dan  Amerika Serikat. 

Paviliun Indonesia mengambil tema “Trade with Remarkable Indonesia” di International Pavilion Hall 9.3 Area B. Di hall yang sama, juga terdapat paviliun Maspion, PT Selatan Jadi Jaya  (automotive battery), dan PT Supreme Belting Perkasa (sabuk otomotif merek Maxbelt). 

Sementara itu, Direktur PT Yooshin Indonesia Ernest Tanzil menyatakan bangga atas hasil di pameran Canton Fair yang digelar 15-19 Oktober 2016 di Guangzhou ini. “Melalui partisipasi  dalam Canton Fair 2016, kami dapat membuka peluang pasar serta memperkenalkan building  material Indonesia ke dunia,” ujar Ernest. 

Ia menambahkan, PT Yooshin Indonesia banyak memperoleh buyer potensial dari buyer khusus untuk pintu dari mancanegara, seperti Korea, Pakistan, Turki, Iran, dan India. 

Canton Fair telah menjadi pameran sourcing produk bagi buyer internasional. Pengunjung bisnis yang datang umumnya tidak hanya berasal dari RRT, tapi juga mancanegara. Pameran ini juga  dijadikan ajang mencari mitra bagi beberapa perusahaan, serta sarana memperkenalkan dan membuka peluang pasar produk Indonesia di mata buyer internasional. (p/ab)