Jabar Optimis Kawasan Industri Majalengka Segera Ditempati Industri Padat Karya

By Admin

BANDUNG Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengaku optimis kawasan industri Aerocity di Kabupaten Majalengka segera ditempati oleh industri padat karya.

Manurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Hening Widiatmoko,  saat ini beberapa industri di sektor padat karya terutama garmen sudah mendirikan pabriknya di kawasan itu. Bahkan,pihaknya saat ini sudah mendirikan balai latihan kerja (BLK) di Aerocity untuk menunjang keahlian bagi tenaga kerja di sektor padat karya seperti garmen.

"Di Aerocity sudah berdiri BLK garmen. Kenapa BLK garmen? Karena industri garmen di sana sangat tumbuh besar," ujarnya, Minggu (14/2/2016).

Hening menjelaskan pendirian industri garmen di Aerocity mayoritas dilakukan oleh pengusaha dari Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Karawang. Dia beralasan relokasi dilakukan sebagai upaya menghindari cost produksi yang semakin meninggi.

Menurutnya, Aerocity tepat menjadi kawasan relokasi mengingat upah di kawasan itu masih relatif rendah. Sehingga industri tersebut masih mampu mengelola produksi dengan baik. "Indag sudah mematangkan proses BLK untuk pembangunannnya sudah dibebaskan tinggal kebutuhan tenaga kerja saja," katanya. *