Italia Bungkam Belgia 2-0

By Admin

nusakini.com--Italia membungkam Belgia 2-0  pada laga Grup E Piala Eropa 2016 di Stade de Lyon, Lyon, Selasa (14/6) dini hari WIB.  Hasil ini membawa Italia untuk sementara memimpin Grup E dengan tiga poin. Adapun Belgia menempati posisi buncit karena gagal meraih poin. 

De Rode Duivels terlihat lebih mendominasi pertandingan. Lini tengah yang diisi Radja Nainggolan serta Axel Witsel mampu menguasai lapangan tengah ketimbang trio gelandang Gli Azzurri.

Akan tetapi, Belgia kerap kesulitan saat mendekati daerah kotak penalti lawan. Tiga bek tengah Italia yang dihuni para pemain Juventus, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, serta Giorgio Chiellini bisa meredam setiap ancaman Belgia. 

Memasuki menit ke-32, kelengahan lini belakang Belgia bisa dimaksimalkan Italia. Umpan panjang Bonucci dikontrol dengan sempurna oleh Emanuele Giaccherini. Pemain yang kini membela Bologna itu melepaskan tembakan ke pojok gawang Belgia yang gagal dihentikan Thibaut Courtois. 

Tertinggal gol dari Italia, Belgia mencoba kembali melancarkan serangan. Pada menit ke-39, tembakan Witsel hampir membobol gawang Gli Azzurri, namun sayangnya masih bisa diamankan Gianluigi Buffon. 

Memasuki babak kedua, Italia bisa kembali mengancam pertahanan Belgia. Akan tetapi, sundulan jarak dekat Graziano Pelle bisa diselamatkan Courtois. 

Semenit kemudian atau menit ke-57, giliran Buffon yang pamer keahlian. Tembakan kaki kiri Eden Hazard dimentah Buffon dengan sempurna. 

Demi mendapatkan gol penyeimbang, pelatih Belgia, Marc Wilmots, memainkan tiga pemain dalam waktu berbeda. Dries Mertens, Divock Origi, dan Yannick Ferreira Carrasco diharapkan bisa memberikan perbedaan saat Belgia tertinggal. 

Sementara itu, pelatih Italia, Antonio Conte, terlihat puas dengan permainan timnya yang disiplin. Dia hanya memasukkan Mattia De Sciglio, Ciro Immobile, dan Thiago Motta demi menjaga keseimbangan tim. 

Upaya yang dilakukan Belgia untuk menyamakan skor gagal terwujud pada sisa pertandingan. Justru Italia yang bisa memanfaatkan kesempatan minim menjadi gol kedua. 

Pada menit ke-90+3, serangan balik Italia dimaksimalkan Pelle menjadi gol. Pemain Southampton itu melepaskan tembakan voli setelah menerima umpan manis Antonio Candreva. Skor 2-0 untuk Italia memupus harapan Belgia untuk meraih poin pada laga perdana. (b/ab)

Susunan pemain 

Belgia: 1-Thibaut Courtois; 23-Laurent Ciman (11-Yannick Ferreira Carrasco 75), 2-Toby Alderweireld, 3-Thomas Vermaelen, 5-Jan Vertonghen; 4-Radja Nainggolan (14-Dries Mertens 62), 6-Axel Witsel; 7-Kevin de Bruyne, 8-Marouane Fellaini, 10-Eden Hazard; 9-Romelu Lukaku (17-Divock Origi 73) 

Pelatih: Marc Wilmots

Italia: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 6-Antonio Candreva, 18-Marco Parolo, 16-Daniele De Rossi (10-Thiago Motta 78), 23-Emanuele Giaccherini, 4-Matteo Darmian (2-Mattia De Sciglio 59); 17-Eder (11-Ciro Immobile 75), 9-Graziano Pelle 

Pelatih: Antonio Conte