Isu Perubahan Kabinet yang Beredar ke Publik Pagi Ini

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perombakan kabinet kerja yang di pimpinnya untuk ke dua kali. Dari isu yang beredar dipublik, Presiden memberhentikan lebih dari 5 menteri. Di antara nama menteri tersebut, ada nama Sudirman Said, Saleh Husin dan Anies Baswedan.

Informasi yang dihimpun sampai Rabu (27/7/2016) pagi ini, tiga nama menteri itu dicopot Presiden Jokowi dalam pertemuannya semalam, Selasa (26/7/2016)... 

Jokowi yang didampingi JK memutuskan untuk mencopot sejumlah menteri dengan berbagai pertimbangan. Menteri ESDM Sudirman Said, Mendikbud Anies Baswedan dan Menperin Saleh Husin akan digantikan nama baru.  

Adapun nama-nama baru yang masuk ke kabinet ada yang berasal dari kalangan profesional dan ada pula yang berasal dari kalangan partai. Nama-nama pengganti menteri yang dicopot akan diumumkan siang ini. 

Selain ketiga nama tersebut, Presiden Jokowi juga memberhentikan MenPAN RB Yuddy Chrisnandi. Sedangkan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan digeser ke posisi lain, namun masih selevel menteri koordinator. Posisi yang ditinggalkan Luhut akan diisi seorang purnawirawan jenderal. 

Sampai pagi ini, Presiden Jokowi masih memanggil beberapa menteri ke Istana. Pengumuman resmi soal reshuffle akan disampaikan siang ini.(imf/mk) 

Berikut susunan menteri hasil reshuffle yang beredar hingga pagi ini: 

Menkopolhukam : Wiranto

Menko Maritim : Luhut B. Panjaitan

Mendiknas : DR. Muhajir - Mantan Rektor Univ Muhammadiyah Malang

Mendag : Enggartiasto Lukito

Menteri Agraria : Sofyan Djalil

Menteri Perindustrian : Airlangga Hartarto (Golkar)

Wamen Perindustrian : Franky Sibarani

Menhub : Budi Karya Sumadi

Menteri ESDM : Candra Tahar (alumni ITB/USA)

Menpan RB : Asman Abnur (PAN)

Kepala BKPM : Thomas Lembong

Menkeu : Sri Mulyani Indrawati

Menteri PPN/Kepala Bappenas : Bambang Brodjonegoro