ISIS Incar Piala Eropa 2016, Prancis Tingkatkan Keamanan

By Admin

nusakini.com--Direktur Europol, Rob Wainwright, mengatakan, tidak perlu ada rasa khawatir yang tinggi mengingat operasi keamanan yang dilakukan oleh otoritas Prancis sangat besar.

Sebelumnya, dikabarkan Piala Eropa 2016 di Prancis menjadi target potensial dari ISIS. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala lembaga penegak hukum Uni Eropa.  

"Saya tidak ragu jika Piala Eropa menjadi target ISIS, dengan sejumlah alasan tentunya. Dengan asumsi alasan ancaman cukup tinggi. Saya melihat persiapan keamanan otoritas Prancis yang cukup besar, dengan polisi dan tentara tambahan," kata Wainwright dikutip dari Foxsport, Rabu (1/6).

Piala Eropa 2016 akan berlangsung di tengah suasana siaga satu, setelah teror bom di Paris, November tahun lalu. Ketika itu, 130 orang tewas ketika teroris melancarkan serangan ke ibukota Prancis itu.

Kemudian Maret 2016, 32 orang tewas di Brussels, Belgia, karena terkena serangan bom bunuh diri di Bandara dan Metro. Pihak berwenang Prancis memperpanjang masa siaga satu, sampai digelarnya Tour de France, 2-24 Juli 2016.

Sebanyak 2,5 juta penggemar sepakbola akan datang di stadion. Kemudian 1,5 juta akan datang sebagai wisatawan (v/ab)