Iqbal Suhaeb Harapkan Koperasi Sebagai Penggerak Ekonomi

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Kehadiran koperasi di masyarakat sedikit banyak memberikan sumbangsih nyata bagi laju pertumbuhan ekonomi. Koperasi mampu memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan dengan aturan berbeda di masing - masing tempat.

Seiring perkembangannya, koperasi di usianya yang ke 72 tahun sudah mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi yang cukup signifikan. Namun, juga mengalami pasang surut dan kerap kali terkendala pada perekrutan anggota.

Meski demikian, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang hadir saat perayaan HUT ke 72 tahun Koperasi Tingkat Kota Makassar ini berharap koperasi tetap hadir di masyarakat agar dapat menyokong perekonomian warga. 

Ia mengingatkan, koperasi yang bergerak di usaha simpan pinjam agar melakukan kontrol dan pengawasan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pengambilan kredit.

"72 tahun koperasi hadir, ini bukan usia yang muda. Berbagai polemik tentunya sudah terjadi. Tapi tetaplah melaju, rekrut anggota dengan memperhatikan keadaan dan cash flow agar sistem bisa berjalan dengan baik," ungkapnya.

Selain itu, Iqbal Suhaeb menambahkan bahwa koperasi mampu menjadi tolak ukur perkembangan perekonomian suatu daerah.

"Koperasi itu mampu menggerakkan perekonomian suatu daerah. Olehnya itu di butuhkan sistem yang baik dan aturan yang tegas agar dalam perjalanannya tetap konsisten sesuai kesepakatan," imbuhnya.

Dengan mengusung tema "reformasi total koperasi di era revolusi industri 4,0" diharapkan kerja sama yang baik antara pihak koperasi dan member agar terjadi kesinambungan yang berlanjut.

Di akhir perayaan HUT Koperasi Tingkat Makassar yang dihelat di Lapangan Karebosi, Kamis (19/9/2019), diberikan secara simbolis paket sembako kepada 420 orang dari 15 kecamatan se kota Makassar dan juga pemberian sertifikat juga plakat bagi 10 koperasi yang ada di Kota Makassar. (yat)