Investor Global Siap Masuk ke Industri Sawit

By Admin

Kelapa Sawit (ilustrasi) 

nusakini.com - Pada awal September 2016 lalu sebanyak 22 investor global melakukan perjalanan menemui perusahaan sawit lokal, baik swasta maupun pemerintah di beberapa provinsi di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Principles for Responsible Investment (PRI) yang dinaungi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), WWF Indonesia, serta dukungan dari CSLA.

Event yang berlangsung selama tiga hari dan diisi dengan berbagai diskusi mengenai tantangan dalam penerapan industri kelapa sawit yang lebih berkelanjutan, dan memastikan investor memahami peluang dan tantangan yang dihadapi oleh industri. “Perjalanan ini adalah kesempatan yang sangat baik dalam memberikan pilihan bagi investor ke Indonesia untuk terlibat dengan perusahaan lokal dan pemangku kepentingan secara langsung, dan memperoleh pemahaman yang jelas terkait cara kerja industri,” tutur Ketua Kelompok Kerja Investor dan Mitra, Generation Investment Management, Mark Mills. 

Kabarnya, investasi yang dibawa itu sebanyak US$ 4,2 triliun, dengan pola kerjasama Public Private Partnership (PPP). Ketua Sawit Watch, Jeffry Saragih mengatakan, para investor sangat tertarik dengan industri kelapa sawit nasional. Hanya saja para investor lebih mengutamakan penerapan bisnis dengan praktik berkelanjutan. “Mereka sedang mencari mitra bisnis di Indonesia,” tutupnya.(p/mk)