Inilah Tempat Peristirahatan Terakhir Muhammad Ali

By Admin

nusakini.com--Cave Hill Cemetery jadi mendunia setelah pihak  keluarga mendiang Muhammad Ali memutuskan tempat pemakaman nasional itu jadi peristirahatan terakhir sang  petinju legendaris. Rencananya, jenazah almarhum Muhammad Ali dikebumikan di tempat pemakaman bersejarah itu pada Jumat (10/6/2016). 

Cave Hill adalah tempat pemakaman nasional yang terletak di Louisville, Kentucky.  Cave Hill pertama kali dibuka pada 1848. Berdiri di lahan seluas 120 hektar, Cave Hill merupakan salah satu tempat pemakaman yang paling indah dan bersejarah di AS. Banyak tentara AS dan Inggris yang dikubur di pemakaman dengan desain taman itu sejak sebelum perang dunia. Pada 1979, Cave Hill masuk dalam daftar tempat bersejarah AS. 

Beberapa tokoh terkenal yang dimakamkan di Cave Hill adalah George Rogers Clark, pendiri Louisville, dan pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC), Colonel Harlan Sanders. 

Batu nisan untuk makam Ali juga sudah disiapkan. Kabarnya, batu nisan Ali akan bertuliskan kutipan terkenal dari Martin Luther King, aktivis yang memperjuangkan hak-hak warga kulit hitam di AS.

"Saya mencoba mencintai seseorang. Saya mencoba memberi makan orang-orang yang kelaparan. Dalam hidup saya, saya mencoba memberi pakaian kepada mereka yang tak punya pakaian. Saya ingin kalian mengatakan bahwa saya mencintai dan melayani masyarakat." 

Perwakilan keluarga tak memberikan keterangan terperinci tentang lokasi makam Ali. Namun, pihak pengelola makam sudah memulai persiapan prosesi pemakaman.

Menurut Mirror, keluarga Ali memilih lokasi makam di area eksklusif dari Cave Hill. Tempat itu sangat tenang dan damai serta dikelilingi pepohonan tua. Rerumputan di sekitar area tersebut hijau dan dipotong rapi. 

Kesunyian di dalam area pemakaman hanya diusik suara aliran air di danau dan air mancur serta kicauan burung. 

Menurut keterangan staf pemakaman kepada Mirror, keluarga Ali telah menyiapkan lokasi makam buat eks juara dunia tinju kelas berat itu sejak 10 tahun silam. Pihak keluarga disebut menginginkan tempat yang sunyi dan nyaman buat orang-orang yang berziarah ke makam Ali. (b/ab)