Inilah Perusahaan Prabowo di Kaltim dan Aceh

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Berdasarkan daftar kekayaan capres versi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di situs elhkpn.kpk.go.id, capres nomor urut 2 Prabowo memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 1.952.013.493.659 (Rp 1,9 triliun). Kekayaan mantan menantu Presiden RI kedua Soeharto ini, bersumber dari gurita bisnisnya, utamanya di bidang perkebunan.

Hal tersebut juga diungkap oleh capres nomor urut 1 Jokowi pada debat pilpres ke 2, Minggu (17/2/2019) malam. Jokowi menyebutkan Prabowo mempunyai luas lahan sampai ratusan ribu hektar di Kaltim 220.000 ribu dan 120.000 ribu Aceh Tengah.

Data tersebut pun diakui Prabowo Subianto. Namun, Prabowo mengaku hanya memiliki Hak Guna Usaha (HGU).

Itu benar, tapi itu HGU (hak guna usaha), itu milik negara," ujar Prabowo Subianto.

Tak jadi Jendral bintang 3 lagi, kini disamping sebagai politikus, Prabowo juga dikenal sebagai pengusaha. Ia memiliki perusahaan bernama Nusantara Group yang membawahi 27 perusahaan di dalam dan luar negeri. Perusahaan-perusahaan yang dimiliki Prabowo Subianto bergerak di bidang perkebunan, tambang, batu bara, dan kelapa sawit.

Sebagaimana dikutip dari situs prabowosubianto.info yang dikelola tim komunikasi Partai Gerindra saat Pilpres 2014, Nusantara Energy didirikan Prabowo Subianto pada November 2001. Perusahaan itu didirikan bersama Johan Teguh Sugianto dan Widjono Hardjanto sebagai holding company untuk mengonsolidasikan berbagai sumber daya yang bergerak dalam bidang yang berbeda-beda. Dari situs tersebut terdapat 17 perusahaan yang dimiliki Prabowo Subianto.

Sementara itu, ada satu perusahaan yang didirikan di Aceh dan lima perusahaan di Kaltim. 

Berikut daftar perusahaan Prabowo Subianto di Aceh dan Kaltim:

1. PT Tusam Hutani Lestari. Tusam Hutani Lestari berada di Nanggroe Aceh Darussalam. Areanya meliputi kawasan pegunungan di Aceh Tengah yang dikelilingi pohon pinus mercusi. Pinus ini menjadi bahan baku utama kertas gelondongan. Konsesi berlaku hingga 2042 untuk area seluas 97.300 hektar.

2. PT Tanjung Redeb Hutani, perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan ini terletak di Kabupaten Berau, Kaltim. Adapun luas area perkebunan 180.330 hektar. Perizinan dan hak pengelolaan perusahaan berlaku hingga 2035.

3. PT Kiani Lestari, perusahaan pengolahan kertas dan bubur kertas ini berlokasi di Kaltim.Luas area industri ini 223.500 hektar. Sementara hak pengelolaan berlaku hingga 2010. Sebelumnya Kiani milik pengusaha Bob Hasan. Kemudian Prabowo Subianto membeli perusahaan itu dan mengubah namanya menjadi PT Kertas Nusantara.

4. PT Belantara Pusaka, perusahaan ini berlokasi di Kaltim dengan luas area perkebunan 15.610 hektar. Adapun hak pengelolaannya berlaku hingga 2035.

5. PT Kiani Hutani Lestari. Selain Kiani Kertas, Prabowo Subianto juga memiliki perusahaan bernama Kiani Hutani Lestari. Perusahaan ini bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan. Lokasinya di Kaltim dengan area perkebunan seluas 53.083 hektar.

6. Nusantara Kaltim Coal, perusahaan ini merupakan anak perusahaan Nusantara Energy yang didirikan pada 2005.  Nusantara Kaltim Coal telah memiliki hak konsesi meliputi area seluas 60.000 pertambangan batu bara di Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. (b/ma)