Ini Sosok Briptu Rachel, Wanita di Tim Penyerbu Teroris di Mako Brimob

By Admin

Briptu Rachel (foto: facebook Tomi Lebang)    

nusakini.com - JAKARTA - Namanya lengkapnya Briptu Christeel Racheltania Philip. Sosok polisi wanita ini mendadak menjadi perhatian publik. Hal tersebut lantaran dirinya menjadi satu-satunya perempuan dalam tim Penyerbu Teroris Mako Brimob.

Diketahui, tim Penyerbu Teroris Mako Brimob melakukan operasi penanggulangan atas 155 para narapidana terorisme yang membuat kerusuhan di Rutan Cabang Salemba, Komplek Mako Brimob.

Briptu Rachel, demikian dia karib disapa, memang lain, dia bukan polisi sembarangan. Ia merupakan polwan berprestasi dari satuan 1 Gegana Brimob Polri. Ia juga menjadi Polwan Brimob pertama yang mengikuti latihan antiteror di Amerika. Ia juga punya berburu. 

"Karena saya bisa menembak, ya hobi saya pastinya berburu. Kalau ada waktu senggang saya sering berburu untuk menyalurkan hobi," terangnya saat ditemui di Mabes Polri.

Tidak hanya itu, ‎meski sehari-hari bertugas menjadi staff namun Briptu Rachel tidak pernah absen mengikuti pelatihan pasukan antiteror seperti penanggulangan huru-hara, SAR, Jinak bom, menembak, hingga perlawanan antiteror.

Selain itu, Briptu Rachel juga memiliki kemampuan sebagai penerjun. Demi bisa bergabung dengan pasukan menembak, Polwan berparas ayu ini ‎tetap harus bersainging dengan para polisi laki-laki atau Polki.

"‎Kesulitan di lapangan pasti ada, karena kan jarang-jarang Polwan jago menembak. Jadi ya memang bersaing normal dengan polisi laki-laki, itu yang sulit," ungkapnya.

Karena prestasinya itu, saat HUT Polwan ke 68, Briptu Rachel mendapat penghargaan Polwan berprestasi yang diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan ibu asuh Polwan, Tri Suswati Karnavian‎ pada 1 September 2016 lalu. (b/ma)