Ini Reaksi Ganjar Saat Dipameri Keindahan Grand Canyon Klaten

By Abdi Satria


nusakini.com-Klaten- Mulanya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hanya berniat singgah di Socowetan, Socokangsi, Jatinom, Klaten karena beberapa kali dipameri Kali Bribik yang berkelok dan bertebing. Namun begitu tiba di bibir sungai, Ganjar justru langsung turun berjalan menyusuri sungai bahkan ingin gebyuran saat roadshow di Kabupaten Klaten, Kamis (11/7). 

“Ayo mudun,” kata Ganjar pada beberapa anggota Komunitas Sungai untuk menuruni tebing setinggi sekitar tujuh meter. 

Ganjar lantas melepas sepatu dan melingkis celananya. Oleh warga setempat, Kali Bribik yang bertebing dan berkelok itu mereka sebut sebagai Green Canyon. Air yang jernih dan tidak kering meski musim kemarau. 

Seperti terlintas kenangan waktu kecil, begitu melihat kedung di bawah grojogan, Ganjar sontak berkata, “Wah kalau aku melihat ini waktu kecil, langsung terjun dari atas ini,” kata Ganjar setelah menyusuri sungai sekitar 100 meter. 

Seolah mengerti apa yang tengah dipikirkan gubernurnya, beberapa anak-anak Socowetan langsung terjun bahkan ada yang atraksi salto dari atas tebing ke Kedung. 

“Waktu kecil ketika di Tawangmangu dulu, bukan hanya suka, tapi pasti mandi di kali, gebyuran. Lihat anak-anak itu ya pengin, tapi mau bagaimana lagi. Sekarang ya gak bisa,” katanya. 

Namun Ganjar juga memberi PR pada Komunitas Sungai maupun perangkat desa setempat. Karena tempatnya sudah menarik dan bagus, tapi kelolanya belum hidup. “Gerakkan pemuda. Ajak bersih-bersih sungai seminggu sekali minimal,” pintanya. 

Klaten memang dikenal sebagai tempatnya wisata air di darat. Umbul sudah tak terhitung jumlahnya. Sungai-sungai bersih yang menawarkan tubing juga banyak bermunculan. Upaya menghidupkan sungai itu memang tidak bisa dilepas dari peran Komunitas Sungai Klaten. Arief, salah satu inisiator berdirinya Komunitas Sungai mengatakan perlu waktu sekitar 10 tahun untuk bisa membuahkan hasil seperti sekarang. 

“Meskipun masih harus ada upaya masif mengedukasi masyarakat untuk tidak buang sampah di sungai. Jika pemerintah dan masyarakat bisa bersatu seperti ini, sangat mungkin semua sungai kita bersih,” pesannya. (p/ab)