Ini Fokus Pemerintah Bangun Infrastruktur di Tanah Air

By Admin

nusakini.com--Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur. Fokusnya adalah pembangunan jalan, pelabuhan, bandara, serta listrik. 

"Fokusnya di transportasi, perhubungan karena nya dampak besar kepada biaya logistik, kena macet, betapa banyak waktu dan tenaga yang hilang. Bidang listrik, energi. Kita mau bangun industri, jasa, pariwisata, kalau nggak ada listrik sulit," kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong di kantornya, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (1/8). 

Pembangunan infrastruktur bidang transportasi dan perhubungan misalnya proyek KRL Bandara Soekarno Hatta-Jakarta, pelabuhan, bandara, dll. Di bidang listrik, pemerintah telah mencanangkan pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW 

Menurut Thomas, pemerintah menawarkan kepada swasta untuk ikut berperan dalam pembangunan infrastruktur. Sebab, selama ini pembangunan infrastruktur mengandalkan BUMN dan memakai APBN. Tom mendorong pihak swasta ikut terlibat di pembangunan infrastruktur. 

"Jelas-jelas investor harus profit. Ini harus menarik secara komersial. Makanya kita jangan pelit-pelit menawarkan proyek, tapi kita nggak mau bayar atau terlalu kecil. Kita harus kerja keras supaya keikutsertaan pemasok, kontraktor, profitable. BKPM meneruskan peranannya sebagai koordinator. BKPM mengingatkan kembali di kementerian teknis, begitu fokus aspek teknis, padahal dari kacamata investor belum tercover dengan baik," kata Thomas.(p/ab)