Ini Dia Pemenang Lomba Cerita Remaja Islam Siswa SMA 2017

By Admin

nusakini.com--Setelah melalui proses penilaian dari tahap seleksi hingga tahap penjurian, Kementerian Agama mengumumkan pemenag lomba penulisan Cerita Remaja Islam (Ceris) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) Siswa SMA/SMK 2017. Pengumuman dilakukan di Hotel Aston Bekasi, usai dilakukannya tahap akhir penilaian. 

Sebelumnya, seluruh finalis mempresentasikan hasil karyanya di hadapan para dewan juri. "Pelaksanaan seleksi akhir telah menghasilkan pemenangnya berdasarkan perolehan nilai keseluruhan dari komponen penilaian,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, Selasa (19/12). 

“Kami ucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada semua partisipan. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi semua untuk semakin mengembangkan minat dan bakat penulisannya, khusus di bidang Pendidikan Agama Islam,” sambungnya.   

Menurut Kasubdit PAI pada SMA/SMK, Unang Rachmat, sebanyak 140 naskah Ceris dan 90 naskah KIR yang masuk, telah diseleksi dan dinilai oleh tim dewan juri. Tahap akhir seleksi yang dilaksanakan di Bekasi 18 - 20 Desember 2017 diikuti 6 finalis Ceris dan 6 finalis KIR. 

Kepada para pemenang, Kementerian Agama memberikan dana apresiasi dengan total Rp75juta untuk masing-masing lomba. Selain itu, ada juga tropi dan piagam penghargaan.  

Daftar pemenang lomba Cerita Remaja Islam (CERIS) Tingkat Nasional tahun 2017: 

1. Sherina Salsabila dari SMAN 67 Jakarta-DKI Jakarta, judul: 1000 Bambu Pelipur Rindu (Juara 1 mendapat hadiah Rp17,5juta)

2. Ridha Nikmatus Syahada dari SMAN 2 Jombang- Jawa Timur, judul: Tirai Mirai (Juara 2 mendapat hadiah Rp15,5juta)

3. Azhara Marciela Sabita dari SMAN 2 Depok - Jawa Barat, judul: Langit Indonesia Waktu Senja (Juara 3 mendapat hadiah Rp13,5juta)

4. Mita Ega Silnia dari SMA Multazam IBS Semarang-Jawa Tengah, judul: Ku Lantunkan Ar-Rahman sebagai Mahar Untukmu (Juara harapan 1 mendapat hadiah Rp11,5juta) 

5. Nadya Dinda Lakshamana dari SMAN 1 Muntilan - Jawa Tengah, judul: Insinuatif (Juara harapan 2 mendapat hadiah Rp9,5juta)

6. Samsidar. S dari SMAN 4 Soppeng- Sulawesi Selatan, judul: Hati Kecil yang Tertinggal di Tanah Umpungeng (Juara harapan 3 mendapat hadiah Rp7,5juta)

Daftar Pemenang lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) Pendidikan Agama Islam Tingkat Nasional tahun 2017 

1. Zulfani Alfasanah dari SMAN 2 Jombang-Jawa Timur, judul : Kontekstualisasi Maqashid Al-Syariah dalam Memelihara Keberagaman Masyarakat Madani (Studi Perspektif Pendidikan Islam) (Juara 1 mendapat hadiah Rp17,5juta)

2. Tri Ardiansa dari SMAN 3 Semarang-Jawa Tengah, judul: Merawat Harmoni Keberagaman dengan Melawan Berita Hoax melalui Implementasi Prinsip-prinsip Komunikasi Islam (Juara 2 mendapat hadiah Rp15,5juta)

3. Fatwa Layifatul Fajtiyah dari SMAN Jogoroto- Jawa Timur, judul: Satu Desa Tiga Agama (Studi tentang Implementasi Toleransi Beragama dalam Mewujudkan Kerukunan dan Keharmonisan Bermasyarakat) (Juara 3 mendapat hadiah Rp13,5juta) 

4. Dwiwangga Sang Nalendra Hadi dari SMAN 1 Magelang-Jawa Tengah, judul: Nilai-nilai Idlam dalam Budaya Grebeg Gethuk dan Pengaruhnya terhadap Integrasi antar Umat Beragama di Kota Magelang (Juara harapan 1 mendapat hadiah Rp11,5juta)

5. Radha Oktavia dari SMAN 2 Unggul Sekayu Sumatera Selatan, judul : Peranan Generasi Muda dalam Merawat Keberagaman melalui Media Sosial Whatsapp (Studi Kasus Budaya Malemang Desa Kertayu Kabupaten Musi Banyuasin dalam Tinjauan Hubungan antar Manusia) (Juara harapan 2 mendapat hadiah Rp9,5juta) 

6. Nurul Nahda dari SMAN 3 Bulukumba-Sulawesi Selatan, judul: Toleransi Komunitas Muslim dan Suku Kajang di Kabupaten Bulukumba (Juara harapan 3 mendapat hadiah Rp7,5juta). (p/ab)