Industri Kreatif Digital Bakal Ramaikan Acara Startup Nation Summit

By Admin

nusakini.com--Pagelaran Startup Nation Summit yang digelar pada tanggal 17-18 November 2018 bakal tampil berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana mengemas acara tersebut dengan nuansa kekinian bernama innovation creative (industri kreatif digital).  

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, acara startup nation summit yang akan dihadiri 183 delegasi dari berbagai negara akan dikolaborasikan dengan acara industri kreatif digital. “Jadi nanti tidak hanya sekedar event seperti biasanya, tetapi akan dibumbuhi nuansa digital dan milenial,” kata Wali Kota Risma di rumah kediaman,kemarin.  

Disampaikan Wali Kota Risma, acara innovation creative menyajikan beberapa agenda diantaranya, digital art, community activity, virtual reality, interactive game, workshop innovation zone dan music performence. Memang sengaja disajikan banyak acara agar semua usia bisa bergabung dalam event tersebut. “Target kami 1 juta pengunjung,” ungkapnya.   

Alasan lain Wali Kota Risma memasukkan agenda digital kreatif untuk mewujudkan Kota Surabaya sebagai kota kreatif pertama di Indonesia, memajukan dunia startup surabaya dan membawa kota ini ke peta dunia. “Nama Surabaya sudah dikenal di ASEAN dan Asia tapi belum di sebagian besar negara eropa dan lainnya. Ini adalah momen yang tepat,” ujar Wali Kota sarat akan prestasi itu.  

Rencananya, acara startup nation summit dan innovation creative dilaksanakan pada tanggal 15-18 November di grand city mall. “Jadi sebelum masuk pada acara start up nation summit, masyarakat sudah dipanaskan dengan acara digital creative,” imbuhnya.   

Selain itu, pihaknya juga mempromosikan acara ini melalui beberapa cara diantaranya, medium promosi, mobilisasi massa, pemasangan poster baliho, flyer di sekolah, bus, kelurahan dan akan menampilkan di videotron “Rencana mulai dilakukan akhir bulan ini,” ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.   

Kendati demikian, mengingat acara ini diselenggarakan pada bulan November yang mana di bulan tersebut, warga Surabaya identik dengan acara perjuangan. Maka, Wali Kota Risma, bersama OPD berkoordinasi dan mengecek kembali event di bulan november. “Acara di bulan november bisa kita majukan atau dimundurkan, supaya acara ini dapat terlaksana dengan lancar dan mudah menata kota,” jelas wali kota yang akrab disapa Risma itu.  

Ke depan, jika acara ini mendapat respon positif dari masyarakat surabaya, besar kemungkinan akan diadakan setiap tahunnya dengan inovasi-inovasi terbaru. “Acara ini memang tidak mudah, tapi disini tantangannya dan jika kita semua mau bekerja keras, Insyallah bisa terwujud,” tandasnya. (p/ab)