Industri Agrokimia Indonesia akan Merambah Pasar Amerika Selatan

By Admin

nusakini.com--Industri pupuk dan agrokimia Indonesia akan merambah pasar Amerika Selatan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Dalzon Chemicals Indonesia, Daryanto Wijaya dan Paras W. Bhojwani pada pertemuan dengan Cámara de la Industria Argentina de Fertilizantes y Agroquímicos (CIAFA) atau Himpunan Perusahaan dan Industri Pupuk dan Agrokimia Argentina, di Buenos Aires pekan lalu.

Pertemuan tersebut merupakan tindaklanjut rencana PT Dalzon Chemicals Indonesia untuk mendirikan pabrik di Argentina. "Sudah saatnya kita menjangkau pasar Amerika Selatan, dan Argentina adalah hub yang strategis untuk memasarkan produk agrokimia di wilayah ini".  

Melalui pabrik di Argentina, PT Dalzon Chemicals Indonesia juga berencana untuk mengekspor bahan-bahan agrokimia unggulan dari Indonesia ke pasar Amerika Selatan. Jenis-jenis bahan agrokimia yang rencananya akan diproduksi PT Dalzon Chemicals Indonesia antara lain: herbisida, insektisida dan fungisida. 

Pihak CIAFA yang diwakili oleh Direktur Eksekutif, Armando Allinghi dan Koordinator Teknis, Andres Arakelian menyambut baik rencana tersebut dan bersedia untuk membantu PT Dalzon Chemicals Indonesia untuk merealisasikan rencana pembuatan pabrik di Argentina. "Kami akan menyampaikan rencana tersebut dalam rapat pleno anggota dalam waktu dekat", ucap Armando Allinghi.   

CIAFA merupakan asosiasi sentral industri agrokimia di Argentina yang beranggotakan 58 perusahaan nasional dan internasional yang bergerak di bidang industri pupuk dan agrokimia. 

Industri agrokimia di Argentina memegang peranan penting. Tercatat keuntungan industri pupuk dan agrokimia nasional pada tahun 2016 mencapai USD 1.437 juta dengan total produksi 252 juta Kg. Argentina secara total memiliki 120 pabrik agrokimia yang tersebar di seluruh provinsi dimana 58 pabrik di antaranya adalah milik nasional. 

Selain Argentina, PT Dalzon Chemical Indonesia juga akan menjajaki pasar di Uruguay, Paraguay dan Brazil. PT Dalzon Chemical Indonesia didirikan pada tahun 2003 sebagai produsen bahan pupuk dan agrokimia di Indonesia. Selain bagi pasar domestik, PT Dalzon Chemicals Indonesia juga telah menjangkau Amerika Serikat, Eropa, Asia dan Afrika. (p/ab)