Indonesia-Srilanka Siap Jalin Kerjasama untuk Kembangkan Kereta

By Admin

nusakini.com--Indonesia terus meningkatkan kerja sama perekonomian dengan negara lain. Terkini, pemerintah Indonesia menawarkan produk perkeretaapian buatan Indonesia. Tawaran tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Perdana Menteri Republik Demokratik Sosialis Sri Lanka, Ranil Wickramasinghe, di Istana Merdeka, Rabu (3/8). Sebelumnya, melalui PT Inka, Indonesia telah mengirimkan produknya ke Bangladesh. 

 "Jadi kita kan sudah mengirimkan kereta api kita dari PT Inka ke Bangladesh. Ini sudah berjalan. Ini kita ikut lelang lagi di Sri Lanka. Dan saya tadi minta agar Perdana Menteri Ranil memberikan perhatian pada produk Indonesia tadi. Kelihatannya diberi lampu hijau," ungkap Presiden. 

Menurut Presidenn, langkah ini merupakan upaya awal pemerintah Indonesia untuk melakukan penetrasi pasar ke negara-negara lainnya. Upaya tersebut diharapkan dapat membuka pasar yang lebih besar lagi bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke berbagai negara. 

"Ya memang kita ini baru pada posisi menjajaki beberapa negara yang memang mempunyai potensi tetapi tidak pernah kita melakukan penetrasi pasar ke negara-negara itu. Ini yang sekarang baru kita mulai," terang Presiden. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan minat Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Sri Lanka, terutama dalam hal pengadaan gerbong kereta api. (p/ab)