Indonesia Sapu Bersih 12 Kategori World Halal Tourism Award 2016

By Admin

nusakini.com--Indonesia sukses meraih 12 dari 16 katagori World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, UEA, 24 Oktober - 25 November 2016. Capaian ini luar biasa, karena 75 persen gelar juara diborong, tinggal menyisakan 4 kategori yang memang Indonesia tidak mengirimkan jagoannya. 

Di leg pertama, 24 Oktober sampai 7 November 2016, Malaysia sempat unggul di 4 kategori inti, yang diperebutkan dengan Provinsi Lombok, Aceh dan Sumbar. 

Tiga kawasan yang sudah ditetapkan fokus ke wisata halal. Namun di putaran kedua, 7-24 November 2016, Kementerian Pariwisata mengerahkan semua jaringannya untuk membantu voting. 

“Ini dramatis! Malaysia dan Turki itu legenda di Wisata Halal Dunia. Dari waktu ke waktu, ya dua negara ini yang menonjol. Dua tahun ini 2015 dan 2016, kita ambil alih,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (8/12). 

Menurut dia, kondisi ini menunjukan Indonesia solid. Voters Merah Putih dinilai sangat kompak dan para netizen punya spirit nasionalisme yang tinggi. Inilah bukti bangsa ini hebat. 

“Mereka memilih ke-12 kategori itu, tanpa melihat dari mana berasal, atau mewakili siapa, yang penting Merah Putih menang dan menjadi kebanggaan Indonesia,” kata Arief Yahya. 

Label “World’s Best Halal” ini diharapkan dapat mendongkrak level 3C, Confidence atau rasa percaya diri (internal). Credible atau semakin di percaya orang (eksternal). 

Calibration, mendekatkan pada standar global. “Selamat buat para pemenang! Terima kasih banyak buat para voters. Ini bukan akhir dari perjalanan menuju best halal, tetapi justru awal mula membangun ekosistem baru wisata halal,” kata dia.  

Prestasi dunia ini juga sebagai menjadi pelipur lara, bagi warga Indonesia yang berduka akibat musibah gempa di Aceh yang terjdi Rabu (7/12) kemarin. 

Aceh mendapat 2 penghargaan, yakni World’s Best Airport for Halal Travellers - Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh, dan World’s Best Halal Cultural Destination – Aceh.

“Semoga tetap tabah dan cepat pulih, bagi yang sedang terkena musibah,” sebut Arief Yahya berempati. (p/ab)

Inilah para jawara itu:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers - Garuda Indonesia. 

2. World’s Best Airport for Halal Travellers - Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh Indonesia. 

3. World’s Best Family Friendly Hotel - The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia. 

4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel - Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia. 

5. World’s Best Halal Beach Resort - Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, NTB. 

6. World’s Best Halal Tour Operator - Ero Tour, West Sumatera Indonesia 

7. World’s Best Halal Tourism Website www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia. 

8. World’s Best Halal Honeymoon Destination - Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia 

9. World’s Best Hajj & Umrah Operator - ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia. 

10. World’s Best Halal Destination - West Sumatera, Indonesia. 

11. World’s Best Halal Culinary Destination - West Sumatera, Indonesia 

12. World’s Best Halal Cultural Destination - Aceh Indonesia