Indonesia - RRT Perkuat Kerja Sama Ekonomi

By Admin

nusakini.com--“Indonesia-RRT akan terus tingkatkan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang investasi dan perdagangan,” demikian disampaikan Menlu RI, Retno Marsudi setelah melakukan pertemuan dengan Menlu Republik Rakyat Tiongkok, Wang Yi, di sela-sela pertemuan Menteri G20 di Kota Bonn, Jerman. 

Pada pertemuan, kedua Menlu membahas upaya untuk meningkatkan dan memperluas area kerja sama dalam mekanisme comprehensive strategic partnership, yang menjadi dasar dari kerja sama bilateral kedua negara. Walaupun hubungan Indonesia-RRT sudah sangat intensif, namun kedua Menlu sependapat bahwa masih ada ruang untuk terus ditingkatkan. Dalam kaitan ini, kedua Menlu menekankan pentingnya untuk segera menyelesaikan rencana aksi 5 tahun kerja sama Indonesia- RRT. 

Terkait kerja sama perdagangan, Menlu RI menekankan pentingnya hubungan perdagangan Indonesia-RRT yang seimbang dan saling menguntungkan. Dalam kaitan ini, Menlu RI meminta agar akses pasar lebih dapat diberikan bagi produk-produk Indonesia, dengan pengurangan tariff dan penghapusan berbagai hambatan non-tariff. “Saya sambut baik komitmen Menlu RRT untuk mengurangi hambatan perdagangan bagi produk pertanian Indonesia,” tutur Menlu RI setelah pertemuan. 

Kedua Menlu juga membahas upaya untuk meningkatkan investasi RRT ke Indonesia. Dalam kaitan ini, Menlu Wang Yi, menyampaikan bahwa saat ini terdapat tren peningkatan outbound investment dari RRT dan Indonesia dapat mejadi salah satu tujuan favorit bagi investor RRT. “Indonesia harap investasi yang masuk dari RRT merupakan investasi yang berkualitas,” ucap Menlu RI kepada  

Selain kerja sama bilateral, Menlu RI juga mengangkat isu keamanan di kawasan Laut China Selatan. Dalam kaitan ini, Menlu RI menekankan pentingnya bagi ASEAN dan RRT memperkuat komitmen untuk menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan tersebut, melalui implementasi penuh DoC dan mendorong kemajuan di CoC. “Kesiapan RRT untuk memajukan pembahasan CoC dan DoC merupakan langkah baik dan Indonesia mengharapkan ASEAN dan RRT dapat merealisasikan ini dengan memulai pembahasan framework CoC,” tutur Menlu RI.  

RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia yang pada 2015 mencapai sebesar US$ 44,45 milyar dan pada Jan-Okt 2016 mencapai US$ 37,39 milyar. FDI RRT di Indonesia, pada 2015 emncapai US$ 628.3 1 juta dan Jan-Sept 2016 mencapai US$ 1,56 milyar. (p/ab)