Indonesia Promosikan Potensi Ekonomi kepada Korps Diplomatik dan Perwakilan KADIN Negara Sahabat

By Admin

nusakini.com--Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menggelar pertemuan "Diplomatic & Chambers of Commerce Gathering: Sustaining Confidence, Strengthening Partnership" di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, kemarin.

Acara yang mengundang para Duta Besar Negara sahabat, perwakilan Organisasi Internasional, KADIN, dan perwakilan kamar dagang asing di Indonesia ini bertujuan untuk mensosialisasikan Paket Kebijakan Ekonomi RI dan mempromosikan peluang bisnis Indonesia ke dunia oleh Pokja Satgas Percepatan dan Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi. Turut hadir sebagai pembicara adalah Menteri Perdagangan RI, Kepala BKPM RI, dan Wakil Ketua Satgas Deregulasi, Bapak Sofyan Wanandi serta Wakil Kedua KADIN. 

Dalam sambutan pembukaannya, Menlu RI menyampaikan kerja sama yang erat antara komunitas diplomatic dan kamar dagang tidak saja penting untuk meningkatkan kerja sama ekonomi namun juga dalam mempererat hubungan bilateral antar negara. "Kerjasama erat antara komunitas diplomatic dan kamar dagang kini semakin penting dalam menghadapi tantangan ekonomi yang semakin kompleks dan untuk terus meningkatkan kepercayaan pelaku usaha" ucap Menlu RI. 

Selain itu Menlu RI menyampaikan bahwa dalam dua tahun terakhir perkembangan ekonomi di Indonesia cukup menjanjikan. Menlu RI menjelaskan Indonesia juga merupakan Negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan sekitar 5% per tahun dan jumlah kelas menengah yang terus meningkat. "Kondisi ekonomi Indonesia memberikan banyak peluang investasi dan bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha" jelas Menlu RI. 

Lebih lanjut, Menlu RI menegaskan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk terus membuka dan menjadikan perekonomian nasional menjadi semakin kompetitif. Hal ini akan dilakukan antara lain melalui pembangunan di bidang infrastruktur maritime dan konektifitas serta melalui peningkatan jumlah investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi. 

Selain itu pemerintah juga telah mengeluarkan 13 Paket Kebijakan Ekonomi dan Deregulasi yang bertujuan untuk menciptakan iklim investasi yang baik dan mempermudah kegiatan usaha di Indonesia. Diplomasi ekonomi juga menjadi salah satu dari prioritas dari politik luar negeri Indonesia. Dalam kaitan ini Menlu RI menyampaikan bahwa Satgas Diplomasi Ekonomi telah berhasil memfasilitasi 277 business matchmaking dengan 8.888 pelaku bisnis dengan total transaksi mencapai US$ 21,5 juta dalam periode Januari hingga Juli 2016. 

Forum ini dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Hari Batik pada 2 Oktober dan Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober. Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI turut juga memperkenalkan beragam jenis kopi dan batik produksi Indonesia kepada para peserta acara. (p/ab)