Indonesia Pimpin Komite Evaluasi IFAD

By Admin

nusakini.com--Pada Sesi ke-101 Komite Evaluasi International Fund for Agricultural Development of the United Nations (IFAD) di Roma, J.S. George Lantu, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Roma, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Komite periode 2018-2021. 

Komite Evaluasi merupakan badan subsider IFAD yang memiliki peran vital mendukung fungsi pengawasan Dewan Eksekutif IFAD sebagai badan pengambilan keputusan bagi proyek pembangunan pertanian dan pemajuan pedesaan tertinggal di 176 negara anggota IFAD. 

Hasil pembahasan dan rekomendasi Komite Evaluasi terhadap implementasi berbagai proyek pendanaan pertanian, strategi kebijakan, dan struktur keuangan IFAD menjadi referensi utama bagi upaya penyempurnaan hasil dan kinerja IFAD. 

Terpilihnya Indonesia sebagai Ketua Komite Evaluasi IFAD menunjukkan dukungan negara-negara anggota IFAD terhadap peran dan komitmen kuat Indonesia dalam mendukung pembangunan pedesaan, khususnya terkait pengentasan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan. 

Pada Sesi ke-101 tersebut pula, Komite Evaluasi IFAD telah mengevaluasi dampak positif dan tantangan pada proyek pendanaan pertanian di Kamerun dan Peru, serta pengembangan arsitektur keuangan IFAD. 

Sejak dibentuk pada tahun 1977 hingga tahun 2016, IFAD telah mengesahkan lebih dari 1037 proyek pendanaan yang telah menyentuh dan membantu sekitar setengah milyar petani di dunia. Untuk program pembangunan pertanian IFAD periode ke-10 (2016-2018), IFAD menargetkan untuk mengucurkan program pinjaman dan hibah pertanian bernilai lebih dari 3,2 milyar USD. 

Kerja sama Indonesia dan IFAD sejak 1980 semakin diperkuat pada tahun 2017 dengan dibukanya kantor perwakilan IFAD di Indonesia yang juga menjadi pusat regional IFAD untuk sub Asia Tenggara dan Pasifik. (p/ab)