Indonesia Night di Forum Bergengsi WEF – Davos

By Admin


nusakini.com-Davos-Di sela-sela pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) yang berlangsung di Davos, Swiss, telah diselenggarakan Indonesia Night melalui kerja sama antar Pemerintah Indonesia dengan para pengusaha swasta Indonesia. 

Indonesia Night diselenggarakan setiap tahun sebagai ajang networking dan promosi berbagai sektor unggulan Indonesia dan menarik minat pihak bisnis global yang hadir pada WEF untuk bekerja sama atau berinvestasi di bidang-bidang yang diminati di Indonesia. 

Hadir sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Perindustrian, Menteri Komunikasi dan Informatika, Kepala BKPM, Dubes/Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, serta Duta Besar RI untuk Swiss. Pendiri dan Executive Chairman WEF, Profesor Klaus Schwab, juga hadir secara khusus pada Indonesia Night 2019, disamping sekitar 900-an tamu lainnya yang terdiri dari tokoh ekonomi dunia, pelaku bisnis, dan peserta WEF berbagai negara. 

Dalam pidato pembukaannya, Duta Besar Hasan Kleib, Watap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi lainnya di Jenewa, menegaskan bahwa “Indonesia Night lebih dari sekedar promosi postur dan profil Indonesia di Davos, namun juga merupakan momentum untuk terus mengetengahkan masa depan cerah Indonesia di tataran global. Indonesia Night juga memberikan kesempatan bagi networking dan peningkatan koneksi antar pemangku kepentingan bisnis dengan mengeksplorasi setiap potensi dan kesempatan bisnis dengan Indonesia". 

Para Menteri Indonesia yang hadir termasuk Kepala BKPM menegaskan kepada para tamu undangan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia dimana terdapat berbagai potensi dan peluang serta kesempatan bisnis yang dapat menjadi pilihan dengan dukungan tenaga kerja yang terampil. Proses perizinan semakin mudah dan menjadi daya tarik tersendiri. Ditekankan pula bahwa melalui acara Indonesia Night ini, momentum untuk meningkatkan interaksi dan reputasi Indonesia di pentas dunia akan terus dikenal. 

Hal ini pun sejalan dengan pandangan Profesor Klaus Schwab yang pada sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia yang merupakan negara besar perlu terus mengembangkan potensi dan berbagai kelebihannya melalui kerja sama dengan berbagai aktor global seperti yang terjadi di Davos ini. 

Sejalan dengan tema WEF 2019 “Globalization 4.0: Shaping a Global Architecture in the Age of the Fourth Industrial Revolution", Indonesia Night dijadikan ajang untuk memperluas dan mendorong investasi industri 4.0 serta menciptakan branding Indonesia sejalan dengan perkembangan teknologi dan inovasi global di berbagai bidang. 

Pada acara tersebut, juga disajikan beraneka makanan khas Indonesia, pertunjukan gamelan, dan tarian Jaran Goyang.​(p/ab)