Indonesia Menjadi Model Dalam Ketahanan Fiskal

By Admin

nusakini.com--​Sebagai upaya untuk stock takings dari pengalaman berbagai negara dalam menghadapi dan mencegah krisis keuangan, bertempat di Bloomberg Tower Sydney, Asian Development Bank (ADB) akhir pekan lalu menyelenggarakan International Conference on Financial Cycles, Systemic Risk, Interconnectedness, and Policy Options for Resilience. Salah satu pembicara kunci pada acara tersebut adalah Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro, Menteri/Kepala Bappenas. 

Dalam pidato kuncinya Kepala Bappenas telah membagi dengan para peserta konferensi lessons learned dan best practices dari pengalaman Indonesia dalam menangani krisis keuangan 1997/98 dan 2007/2008. Kepala Bappenas juga menjelaskan sejumlah langkah moneter dan fiskal yang sudah diambil Pemerintah guna memperkuat ketahanan fiskal Indonesia. 

Dalam konferensi sejumlah nara sumber dari berbagai lembaga keuangan Jepang, Korea, Australia juga telah membagi pengalaman negaranya masing-masing dalam menangani krisis keuangan dan upaya pencegahannya. Turut hadir dan memberikan pidato kunci Pemenang Nobel Bidang Ekonomi Prof. Robert Engle dari Volatility Institute, New York University. Konsul Jenderal RI Yayan GH Mulyana juga hadir dalam konferensi tersebut.(p/ab)