nusakini.com-London- ExCel London kembali dipadati ribuan warga Inggris dan Eropa yang tertarik dengan produk organik yang dipromosikan dalam pameran Natural Organic Products Europe (NOPE) 2019. Pameran ini merupakan ajang promosi business to business yang selalu ditunggu setiap tahunnya sebagai one stop shopping event bagi importir, distributor, buyer, dan supermarket besar Eropa termasuk Inggris. 

NOPE 2019 diikuti oleh 700 exhibitor dengan beragam cluster produk yang dipamerkan mulai dari makanan, produk vegan, obat-obatan hingga kosmetika. Partisipasi Indonesia kali ini diwakili oleh empat pengusaha produk organik, yaitu PT. Coco Sugar Indonesia, PT. Hijau Bali Sejahtera, PT. Agradaya dan Natural Fiber Globalindo - Samara Farm Indonesia. Kehadiran empat perusahaan tersebut merupakan hasil kerja sama KBRI London dengan Kementerian Perdagangan Indonesia dan Bank Mandiri. 

Selama dua hari, stand Indonesia tidak pernah sepi dari pengunjung. Produk organik yang dipasarkan terdiri dari gula kelapa organik, kecap asin organik, madu alami, bee polen, produk makanan olahan dan minuman siap seduh dari rempah-rempah khas Indonesia dan beragam bumbu dasar dapur olahan. Melalui pemberian sample product dan tasting, pengunjung stand Indonesia dikenalkan dengan ragam produk organik Indonesia. 

Wakil Kepala Perwakilan RI Adam Tugio menyampaikan bahwa keikutsertaan Indonesia merupakan upaya konsisten KBRI London untuk menggarap pasar organik di Inggris, khususnya di sektor makanan dan minuman. Tren hidup sehat di kalangan warga Inggris dan majunya industri produk organik di Indonesia membuka kesempatan bagi para pengusaha untuk masuk ke pangsa pasar Inggris. "Harapannya, potensi produk natural Indonesia selain makanan juga diharapkan dapat masuk ke pasar Inggris karena produk tanah air by default is organic,” ujarnya lebih lanjut. 

Beberapa produk organik Indonesia yang mencuri perhatian pengunjung adalah gula kelapa (coconut sugar), moringa (daun kelor), dan tepung minuman berasal dari kunyit. 

Produk organik dari perusahaan Indonesia termasuk produk yang unik dan sangat diminati oleh pasar Inggris. “Sumber dan kualitas produk yang masih alami ditambah dengan cerita dibalik masing-masing produk membuat Indonesia dilirik sebagai produsen yang spesial dan unik,” ujar salah satu buyer supermarket produk organik terbesar di Inggris yang hadir mengunjungi stand Indonesia. (p/ab)